Siti, Amaliati and Ismawati, Ismawati (2023) Pelatihan penguatan literasi sains untuk anak sekolah dasar Desa Manyarsidorukun Gresik. Mafaza: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3 (2): 5. pp. 144-160. ISSN 2809-5650
2809-5650_3_2_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.
Download (538kB) | Preview
Abstract
Cara belajar anak usia sekolah dasar melalui eksplorasi pengalaman belajar langsung dengan cara memaksimalkan seluruh indranya. Memberikan kesempatan anak belajar dengan praktek, itu sama membantu anak-anak mengembangkan daya analisis dan berpikir kritis. Berpikir kritis sangat bermanfaat bagi anak untuk menghadapi tantangan di masa depan. Menumbuhkan berpikir kritis dengan cara menambah literasi sains untuk anak dapat membantu anak memahami konsep-konsep ilmiah, mengamati fenomena alam, melakukan eksperimen, dan memahami proses-proses ilmiah, sehingga anak dapat mengembangkan kemampuan berpikir kritisnya. Namun tidak banyak sekolahyang dapat memfasilitasi anak belajar bereksperimen karena berbagai faktor dan alasan. Oleh sebab itu Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) kali ini berfokus memfasilitasi anak usia Sekolah Dasar penguatan literasi sains dengan materi “pengenalan suhu dan kalor”. Materi ini dapat membantu anak-anak memahami dunia di sekitar dengan cara lebih mendalam namun sederhana. Pengabdianpada masyarakat ini menggunakan metode pelatihan, dengan tahapan sebagaiman 1) diskusi dengan sekolah untuk menemukan kebutuhan peserta didik 2) menemukan masalah 3) merencanakan kegiatan 4) melaksanakan kegiatan 5) evaluasi kegiatan 6) laporan kegiatan. Mitra pengabdian ini adalah komunitas “rumah literasi” yang ada di desa Manyarsidorukun Gresik dan dosen Institut Agama Islam Daruttaqwa Gresik. Hasil dari PkM ini 1) anak-anak merasa senang dengan kegiatan PkM ini, karena peserta dapat praktek langsung 2) mengembangkan keterampilan berkomunikasi dengan menceritakan ulang pengalaman belajarnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Critical thinking, Literasi sains, Reflective learning, Literacy programs, Perception, Sensory stimulation, School children |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Aug 2024 03:02 |
Last Modified: | 27 Aug 2024 03:02 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33655 |