Yacob, R. Pisdon (2023) Implementasi profil pelajar Pancasila terhadap peningkatan karakter peserta didik. Vox Veritatis : Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen, 2 (2): 2. pp. 76-80. ISSN 3031-3074
3031-3074_2_2_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (252kB) | Preview
Abstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan program Profil Pelajar Pancasila yang dilakukan oleh pihak sekolah dan semua stakeholder satuan pendidikan terhadap peningkatan karakter peserta didik. Masalah yang mendasar dalam penulisan artikel ini adalah masih adanya pelanggaran moral, etika dan karakter peserta didik dalam kehidupan sehari-hari saat di sekolah, di rumah, di lingkungan masyarakat. Berdasarkan masalah ini, maka diperlukan suatu pendekatan untuk menyelesaikan persoalan karakter peserta didik yaitu melalui Profil Pelajar Pancasila. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi Pustaka. Profil Pelajar Pancasila ini dicetuskan sebagai pedoman untuk pendidikan Indonesia. Tidak hanya untuk kebijakan pendidikan di tingkat nasional saja, akan tetapi diharapkan juga menjadi pegangan untuk para pendidik, dalam membangun karakter anak di ruang belajar yang lebih kecil. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan kegiatan kokurikuler berbasis proyek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang disusun berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi profil pelajar Pancasila melalui projek Pancasila dapat mengatasi persoalan karakter dan meningkatkan karakter peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Karakter, Peserta didik, Profil pelajar Pancasila, Educational evaluation, Indonesian students, Civics, Indonesian, Pancasila |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 23 Aug 2024 06:59 |
Last Modified: | 23 Aug 2024 06:59 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33637 |