Usman, Fahmy and Dwi, Gustila Anggi Putri and M., Fadhil and M., Yudha (2023) Strategi guru Al-Qur’an hadist dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di MTS Qiro’atul Qur’an Sungai Binjai. Al-Zayn: Jurnal Ilmu Sosial & Hukum, 1 (1): 2. pp. 9-25. ISSN 3026-2925
3026-2925_1_1_2023-2.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.
Download (264kB) | Preview
Abstract
Strategi pembelajaran merupakan bagian penting dalam ketercapaian tujuan dari pembelajaran yang dilakukan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan strategi guru Alquran hadis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif kualitatif. Informan kunci dalam penelitian ini adalah guru Alquran hadis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis reduksi data, penyajian data, dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Adapun hasil dari penelitian yang di dapatkan, motivasi guru Alquran hadis antara lain; kuis dan hadiah, memberi pujian. Faktor pendukung dan penghambat guru Alquran hadis dalam memotivasi belajar siswa, faktor pendukungnya lingkungan, fasilitas dan orang tua, faktor penghambatnya terdapat pada pribadi anak itu sendiri serta psikologi dan ekonominya. Strategi pembelajaran yang digunakan guru Alquran hadis adalah hanya menggunakan strategi atau metode ceramah dalam berlangsungnya proses pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi quru, Motivasi belajar, Learning strategies, Religious education--Teaching methods, Study and teaching (Middle school), Qurʼan--Study and teaching, Hadith |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 19 Aug 2024 07:50 |
Last Modified: | 19 Aug 2024 07:50 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33607 |