Penerapan metode finite state machine dan fuzzy logic sebagai kecerdasan buatan pada Non-Playable Character (NPC)

Ahmad, Amrul Muyassir (2023) Penerapan metode finite state machine dan fuzzy logic sebagai kecerdasan buatan pada Non-Playable Character (NPC). Jurnal Aplikasi Sistem Informasi dan Elektronika, 5 (2): 4. pp. 78-90. ISSN 2714-612X

[thumbnail of 2714-612X_5_2_2023-4.pdf]
Preview
Text
2714-612X_5_2_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (566kB) | Preview

Abstract

Perkembangan pesat dalam teknologi informasi telah mendorong para pengembang game untuk menciptakan pengalaman bermain yang lebih menarik dan atraktif bagi pemain. Semakin menarik sebuah game, semakin besar peminatnya. Namun, untuk mencapai tingkat daya tarik yang optimal, perlu memperhatikan aspek penting dalam game, yaitu keseimbangan permainan (game balancing). Dalam game, keseimbangan permainan adalah faktor penting yang mempengaruhi tingkat kesulitan permainan. Ketidaksesuaian tingkat kesulitan dapat menyebabkan frustasi bagi pemain pemula dan kebosanan bagi pemain berpengalaman. Untuk menciptakan pengalaman dalam game yang lebih hidup dan menarik, salah satu pendekatan adalah mengimplementasikan kecerdasan buatan pada karakter Non-Playable Character (NPC). Kecerdasan dalam game sangat tergantung pada perilaku dan kemampuan NPC untuk beroperasi secara mandiri tanpa campur tangan manusia. Misalnya, perilaku NPC dalam serangan jarak dekat harus mencerminkan karakteristik manusia untuk menjadikan game lebih realistis dan menarik. Penelitian ini menggunakan dua metode, yaitu finite state machine dan fuzzy logic dalam mengatur perilaku NPC untuk menciptakan pengalaman bermain yang lebih menarik dan realistis. Penelitian juga melibatkan pengujian dengan mengacu pada ISO 25010 yang melibatkan 111 responden dan 1 ahli game. Pengujian dilakukan dalam dua tahap: tahap alpha test yang menguji tiga aspek, yaitu Functional Suitability, Performance Efficiency, dan Portability kemudian tahap beta test yang melibatkan 111 responden untuk menguji aspek usability. Hasil keseluruhan pengujian menunjukkan tingkat kelayakan sebesar "92,99%".

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Game, Artificial intelligence, Fuzzy logic, Finite state machine, ISO 25010, Sequential machine theory, System analysis, Computer programming, Video games
Subjects: Computers, Control & Information Theory > Information Processing Standards
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 16 Aug 2024 03:52
Last Modified: 16 Aug 2024 03:52
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33594

Actions (login required)

View Item
View Item