Sosialisasi pengendalian sampah melalui gerakan kangpisman di RW 02 Kelurahan Kotawetan Garut Kota

Udin, Rosidin and Nina, Sumarni and Witdiawati, Witdiawati and Iceu, Amira and Hendrawati, Hendrawati (2024) Sosialisasi pengendalian sampah melalui gerakan kangpisman di RW 02 Kelurahan Kotawetan Garut Kota. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 7 (1): 37. pp. 421-433. ISSN 2615-0921

[thumbnail of 2615-0921_7_1_2024-37.pdf]
Preview
Text
2615-0921_7_1_2024-37.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (315kB) | Preview

Abstract

Masalah kesehatan yang sering terjadi di masyarakat salah satunya adalah pengelolaan sampah. Trend modern pengelolaan sampah saat ini memfokuskan bagaimana sampai dari setiap sumber awalnya bisa dikelola dengan baik, sehingga sampah yang dibawa ke tempat pembuangan akhir volumenya menjadi berkurang. Trend tersebut berupa gerakan, kolaborasi antara pemerintah, warga, swasta dan lainnya dalam pengelolaan sampah melalui kegiatan mengurangi (kang), memisahkan (pis) dan memanfatkan (man) sampah. Kelurahan Kotawetan, khususnya RW 02 merupakan sebagai RW binaan mahasiswa yang terletak di wilayah Kecamatan Garut Kota. Berdasarkan hasil survey yang dilaksanakan mahasiswa mendapatkan data kondisi lingkungan kurang baik, banyak sampah berserakan dan kurangnya tempat penampungan sampah serta pembuangan sampah yang masih belum terpilah, hal tersebut dimungkinkan karena masih banyak masyarakat yang belum sadar akan kebersihan. Tujuan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan sampah melalui gerakan kangpisman. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan masyarakat tentang pengelolaan sampah sebesar 28 poin. Kegiatan yang sudah dilaksanakan diharapkan dapat berkelanjutan secara mandiri oleh masyarakat sesuai pengetahuan yang telah dimilikinya sehingga masyarakat bisa menerapkan gerakan kangpisman dari rumah tangganya. Kepala kelurahan dan kepala puskesmas dapat memfasilitasi masyarakat dalam pelaksanaan pengelolaan sampah melalui gerakan kangpisman.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Pengelolaan sampah, Kangpisman, Sanitation, Refuse and refuse disposal, Salvage (Waste, etc.), Recycling (Waste, etc.)
Subjects: Environmental Pollution & Control > Solid Wastes Pollution & Control
Environmental Pollution & Control > Environmental Health & Safety
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:59
Last Modified: 13 Aug 2024 02:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33585

Actions (login required)

View Item
View Item