Pembinaan peningkatan kapasitas usaha dalam program sandang terpandang melalui pelatihan komunikasi pemasaran

Ivana, Clairine Sistiawan and Thalia, Nikky Siswono and Nathania, Angelica Santoso and Natasha, Lidya and Dinda, Ayu Widya Salim and Ida, Ayu Indira Cempaka Sari and Sam, Ryan Irawan and Louisa, Christine Hartanto (2024) Pembinaan peningkatan kapasitas usaha dalam program sandang terpandang melalui pelatihan komunikasi pemasaran. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 7 (1): 36. pp. 404-420. ISSN 2615-0921

[thumbnail of 2615-0921_7_1_2024-36.pdf]
Preview
Text
2615-0921_7_1_2024-36.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Public Domain Dedication.

Download (572kB) | Preview

Abstract

Sandang terpandang merupakan bentuk usaha fesyen yang berfokus pada pengolahan limbah tekstil berupa kain perca menjadi pakaian hewan yang terletak di Desa Bungurasih, Kabupaten Sidoarjo. Banyak dari masyarakat desa yang belum memiliki pekerjaan tetap, selain itu pengetahuan masyarakat desa terhadap teknologi dan wirausaha sangat minim sehingga kurangnya penerapan bisnis dari sisi teknologi. Dengan kemampuan warga desa dalam menjahit menjadikan landasan bagi wirausaha desa. Sebagai solusinya, masyarakat diajarkan dan dikembangkan sesuai dengan kebutuhan ataupun tren pasar guna menunjang pengembangan keterampilan. Diciptakan sandang terpandang menjawab ciri khas desa Bungurasih yang masih belum tergambarkan secara jelas, sehingga punya potensi besar untuk memilih suatu bidang yang akan dispesifikasikan dan dikembangkan sebagai karya unggulan desa kedepannya. Dalam metode bentuk peningkatan kapasitas usaha memberikan pelatihan komunikasi pemasaran dengan skema observasi dan perencanaan, pelatihan berlandaskan teori pemasaran langsung (digital marketing), pelatihan berlandaskan teori hubungan masyarakat dan publisitas, pelatihan alur produksi dan penjualan. Hasil dari peningkatan kapasitas usaha ini menghasilkan 100 produk baju dan aksesoris hewan, penggunaan aplikasi penjualan online dan penjualan bazaar. Dengan hasil produksi dan penjualan produk melalui brand Bungurasih Handmade, harapannya masyarakat desa mendapatkan penghasilan dan menjadi pekerjaan tetap dengan munculnya kelompok usaha baru.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kain perca, Wirausaha, Marketing, Entrepreneurship, Textile waste, Patchwork, Electronic commerce, Mobile apps
Subjects: Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics
Economics and Business > Minority Enterprises
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 13 Aug 2024 02:36
Last Modified: 13 Aug 2024 02:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33583

Actions (login required)

View Item
View Item