Siti, Fathimah and Sangputri, Sidik and Rahmania, Rahman (2024) Penguatan kompetensi guru dalam menghadapi tantangan kurikulum merdeka: Studi kasus pada pembelajaran IPS: Sosiologi. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 7 (1): 24. pp. 278-293. ISSN 2615-0921
2615-0921_7_1_2024-24.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (477kB) | Preview
Abstract
Kurikulum Merdeka telah menjadi pusat perhatian dalam upaya reformasi pendidikan di Indonesia. Kurikulum ini dirancang untuk memberikan kemerdekaan yang lebih besar kepada guru dalam merancang pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan dan konteks lokal. Namun, pelaksanaan kurikulum merdeka juga menimbulkan sejumlah tantangan bagi guru. Artikel ini menyajikan hasil dari kegiatan program pelatihan yang bertujuan untuk memahami bagaimana penguatan kompetensi guru dapat membantu mereka mengatasi tantangan yang muncul dalam konteks Kurikulum Merdeka, dengan fokus pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), khususnya sosiologi. Melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan dengan 25 orang guru IPS yang berada di Kabupaten Minahasa. Kegiatan pelatihan ini mengungkap sejumlah tantangan yang dihadapi guru dalam menghadapi kurikulum merdeka, seperti kebutuhan akan sumber daya yang lebih banyak, penyesuaian kurikulum yang lebih luas, dan perubahan paradigma dalam pengajaran. Melalui pelatihan dan pengembangan kompetensi, guru dapat memperoleh keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk mengatasi tantangan ini. Pelatihan ini juga memungkinkan guru untuk menciptakan pembelajaran yang lebih kontekstual, relevan, dan berorientasi pada siswa. Pentingnya penguatan kompetensi guru dalam menghadapi tantangan kurikulum merdeka. Dengan pelatihan yang tepat, guru dapat lebih siap untuk mengimplementasikan kurikulum merdeka dalam pembelajaran IPS: Sosiologi.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kurikulum merdeka, Ilmu Pengetahuan Sosial, Sosiologi, Penguatan kompetensi guru, Reformasi pendidikan, Educational planning, Educational change, Teacher participation in curriculum planning, Social sciences, Teaching--Methodology |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:40 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:40 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33565 |