Shintia, Ulan Sari and Siti, Anisah (2024) Hubungan kecerdasan emosional dengan manajemen konflik akomodasi, negosiasi dan kolaborasi perawat di ruang rawat inap Rumah Sakit Tk. II Moh. Ridwan Meuraksa. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 6 (1): 33. pp. 380-391. ISSN 2655-2728
2655-2728_6_1_2024-33.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (467kB) | Preview
Abstract
Rumah sakit merupakan pelayanan kesehatan yang dibentuk untuk memenuhi tuntutan kebutuhan pasien yang semakin beragam karena masyarakat mulai menyadari arti pentingnya kesehatan. Sikap tersebut menuntut rumah sakit untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada pasiennya. Multidisiplin ilmu profesi di dalam lingkungan rumah sakit yang saling bekerjasama dalam mencapai tujuan tersebut. Suatu ruang lingkup tersebut akan terjadi interaksi antar satu profesi dengan profesi kesehatan yang lain. Seperti dalam tim kolaborasi yang berkualitas tinggi (Doris, 2019). Tujuan penelitian untuk mengetahui Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Manajemen Konflik Akomodasi, Negosiasi dan Kolaborasi Perawat Ruang Rawat Inap di RS Tk.II Moh. Ridwan Meuraksa tahun 2023. Metode Penelitian adalah metode yang digunakan peneliti untuk melaksanakan suatu penelitian yang memberikan tujuan terhadap jalannya penelitian. Desain penelitian ditetapkan menurut tujuan dan hipotesis penelitian (Dharma, 2017). Hasil analisa bivariat kecerdasan emosional dengan manajemen konflik akomodasi diperoleh nilai p-value = 0,013 (< 0,05). Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa hipotesis Ha (Ho ditolak) atau dapat diartikan terdapat hubungan yang bermakna (significant) antara kecerdasan emosional dengan manajemen konflik akomodasi. Ada hubungan kecerdasan emosional dengan manajemen konflik akomodasi, negosiasi dan kolaborasi perawat di ruang rawat inap sakura, anyelir dan nicu Rumah Sakit TK. II Moh. Ridwan Meuraksa Tahun 2023 dengan nilai p-value = 0,002.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen konflik akomodasi, Negosiasi dan kolaborasi, Kecerdasan emosional, Health facilities, Patient rooms, Problem solving, Conflict management, Emotional intelligence |
Subjects: | Health Resources > Health Services Administration & Management Administration & Management > Management Practice |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 31 Jul 2024 03:49 |
Last Modified: | 31 Jul 2024 03:49 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33508 |