Asuhan keperawatan keluarga pada anak usia remaja dengan thalasemia di wilayah kerja Puskesmas Terminal

Siti, Irma Nur Aina and Umi, Hanik Fetriyah and Mohammad, Basit (2024) Asuhan keperawatan keluarga pada anak usia remaja dengan thalasemia di wilayah kerja Puskesmas Terminal. Manuju: Malahayati Nursing Journal, 6 (1): 29. pp. 315-330. ISSN 2655-2728

[thumbnail of 2655-2728_6_1_2024-29.pdf]
Preview
Text
2655-2728_6_1_2024-29.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (583kB) | Preview

Abstract

Angka kejadian Thalasemia setiap tahun semakin bertambah, menimbulkan penyakit Thalasemia pada anak berdampak pada fisik, psikologis, sosial dan ekonomi bagi anak dan keluarga akibat pengobatan dan penanganan yang diberikan selama seumur hidup. Mengidentifikasi gambaran asuhan keperawatan keluarga pada anak usia remaja dengan Thalasemia secara rinci dan mendalam yang ditekankan pada aspek asuhan keperawatan pada pasien anak Thalasemia. Penelitian deskriptif studi kasus, sampel penelitian kepada keluarga dengan anak Thalasemia. Pengumpulan data dengan data primer seperti observasi, wawancara dan lembar asuhan keperawatan dan data sekunder hasil laboratorium, analisa data univariat kuantitatif dan kualitatif. Tanda gejala pada kasus wajah facies colley, tampak kurus, konjungtiva anemis, kelopak mata dalam, kulit teraba kering, pigmentasi warna kulit kehitaman, dan hepatomegali. Masalah keperawatan gangguan integritas kulit, intoleransi aktivitias, defisit nutrisi dan ketegangan pemberi asuhan. Intervensi yang diberikan diagnosa I perawatan integritas kulit, edukasi perawatan kulit, diagnosa II manajemen aktivitas, diagnosa III manajemen nutrisi, dan diagnosa IV dukungan keluarga dengan implementasi 3x20 menit. Evaluasi didapatkan semua diagnosa teratasi kecuali defisit nutrisi adanya masalah teratasi sebagian sehingga perlu peningkatan nutrisi untuk mencegah terjadinya splenomegali. Tanda gejala yang terjadi pada anak tampak pucat, tampak kurus, adanya peningkatan pigmentasi warna kulit, face colley, akral teraba dingin, kulit teraba kering, konjungtiva anemis dan kelopak mata ke dalam. Diagnosa keperawatan yang di dapatkan gangguan integritas kulit, intoleransi aktivitas, defisit nutrisi dan ketegangan peran pemberi asuhan. Diagnosa keperawatan yang teratasi sebagian yaitu defisit nutrisi hal ini adanya komplikasi metabolik yang mempengaruhi IMT dan status gizi belum membaik.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anak, Asuhan keperawatan, Keluarga, Thalasemia, Usia remaja, Hemolytic anemia, Thalassemia in children, Nursing care plans, Pediatric nursing, Support (Domestic relations)
Subjects: Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Care Utilization
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 29 Jul 2024 04:26
Last Modified: 29 Jul 2024 04:26
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33498

Actions (login required)

View Item
View Item