Keterbacaan seri edukasi corona KEMENPPPA RI (tingkat keterbacaan materi edukasi covid-19 oleh anak-anak menggunakan cloze procedure)

Sri, Wijayanti (2023) Keterbacaan seri edukasi corona KEMENPPPA RI (tingkat keterbacaan materi edukasi covid-19 oleh anak-anak menggunakan cloze procedure). Jurnal Komunikasi dan Media Digital, 1 (1): 4. pp. 40-50. ISSN 3025-3314

[thumbnail of 3025-5813_1_1_2023-4.pdf]
Preview
Text
3025-5813_1_1_2023-4.pdf - Published Version

Download (541kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini mendeskripsikan keterbacaan seri edukasi Corona dari Kemenpppa RI. Penelitian ini penting dilakukan untuk mengukur seberapa mudah informasi dari Kemenpppa berupa materi edukasi kesehatan, dipahami oleh kalangan anak-anak yang menjadi target sasaran. Seri edukasi Corona merupakan materi edukasi yang bertujuan agar anak-anak ikut andil menjaga keselamatan dan kesehatan dirinya. Namun dalam memahami teks seri edukasi tersebut, anak-anak tidak terlepas dari pengalaman mereka yang mempengaruhi pemahamannya terhadap teks. Untuk itu, rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana tingkat keterbacaan serial edukasi Corona yang terdiri dari 10 seri yang diterbitkan oleh Kemenpppa dengan menggunakan cloze procedure. Konsep yang akan digunakan teori informasi Shannon dan Weaver yang berbicara mengenai pengiriman sejumlah informasi yang maksimum melalui saluran yang ada untuk membawa informasi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan tipe deskriptif. Sementara metode yang digunakan adalah metode readability dengan teknik cloze procedure. Responden dipilih dari anak-anak yang berusia 7-9 tahun dan bersekolah di tingkat Sekolah Dasar. Hasil penelitian menunjukkan tingkat keterbacaan seri edukasi korona Kemenpppa RI ada pada kategori standar. Artinya bacaannya tidak sulit tetapi juga tidak mudah dipahami secara umum oleh anak-anak. Sejumlah faktor mempengaruhi tingkat keterbacaannya, yakni usia responden, pengalaman terhadap materi bacaan, serta pengetahuan responden terkait penggunaan bahasa Indonesia dalam bacaan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Readability, cloze procedure, anak-anak, edukasi Corona
Subjects: Government Inventions for Licensing > Instruments
Depositing User: Rizzal Rosiyan
Date Deposited: 17 Feb 2025 01:09
Last Modified: 17 Feb 2025 01:09
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33451

Actions (login required)

View Item
View Item