Peran Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dalam perlindungan anak di bidang pendidikan

Bayu, Pratondo and Muhammad, Saleh and Hery, Dudiatman (2023) Peran Pemerintah Kabupaten Lombok Timur dalam perlindungan anak di bidang pendidikan. JURIDICA: Jurnal Fakultas Hukum Universitas Gunung Rinjani, 5 (1): 10. pp. 75-84. ISSN 2722-242X

[thumbnail of 2722-242X_5_1_2023-10.pdf]
Preview
Text
2722-242X_5_1_2023-10.pdf - Published Version

Download (394kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan kebutuhan manusia yang sangat penting karena pendidikan mempunyai tugas untuk menyiapkan SDM bagi pembangunan bangsa dan negara. Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) mengakibatkan perubahan dan pertumbuhan kearah yang lebih komplek. Putus sekolah bukan merupakan persoalan baru dalam sejarah pendidikan. Jenis dari penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan secara sistematis dan metodologis untuk mengungkapkan data yang diperlukan dalam penelitian yang bersumber dari lokasi atau lapangan. Faktor kurangnya pendidikan adalah kesadaran anak tentang pentingnya pendidikan untuk masa depannya serta kurangnya motivasi dalam diri anak tersebut. Pemerintah Kabupaten Lombok Timur diharapkan terus melakukan pendataan mengenai anak putus sekolah di setiap daerah wilayah Kabupaten Lombok Timur secara merata. data ini kemudian dijadikan landasan dalam merumuskan suatu kebijakan Pemerintah Kabupaten Lombok Timur perlu terus mengadakan sosialisasi dalam meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai pentingnya bersekolah ke setiap pelosok daerah yang ada di kabupaten lombok timur dan dalam pelaksanaannya bersifat berkelanjutan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: School dropouts, Education, Children, Dropouts
Subjects: Problem Solving Information for State & Local Governments > Human Resources
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rulina Rahmawati
Date Deposited: 17 Dec 2024 07:37
Last Modified: 17 Dec 2024 07:37
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33426

Actions (login required)

View Item
View Item