Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat dalam melakukan triase di IGD Rumah Sakit Kutacane

Reno, Anggara and Syamsul, Firdaus and M., Syafwani and Ruslinawati, Ruslinawati and Muthmainnah, Muthmainnah (2024) Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat dalam melakukan triase di IGD Rumah Sakit Kutacane. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4 (1): 16. pp. 168-177. ISSN 2746-198X

[thumbnail of 2746-198X_4_1_2024-16.pdf]
Preview
Text
2746-198X_4_1_2024-16.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (461kB) | Preview

Abstract

Faktor yang berasal dari perawat itu sendiri meliputi pengetahuan dan kemampuan, kompetensi terkait pekerjaan, motivasi kerja, dan kebahagiaan kerja.Sedangkan faktor di luar kendali perawat seperti beban kerja dan gaya kepemimpinan organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja perawat. Faktor-faktor yang berhubungan dengan kinerja perawat dalam melalukan triase di IGD RS Kutacane. Penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini melibatkan 50 responden yang dipilih dengan teknik sampel total sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan regresi logistik berganda. Instrumen penelitian merupakan untuk menilai variabel bebas yang meliputi aspek internal dan eksternal. Hubungan keterampilan dengan kinerja perawat berada pada kategori paling berhubungan dengan dinai P-value (0,000) < 0,05. Kepada perawat agar mampu meingkatkan kinerja perawat dalam melakukan triase di IGD RS Kutacane. Faktor paling dominan yang berhubungan kinerja perawat adalah keterampilan perawat dalam melakukan triase di IGD RS Kutacane dibuktikan dengan Odd Rasio 132,0. Keterampilan mendukung kinerja perawat dalam melakukan triase di IGD RS Kutacane. Oleh karena itu diharapkan pihak manajerial rumah sakit agar dapat membuat standar oprasional prosedur tentang kinerja perawat dalam melakukan triase, sehingga meningkatkan kualitas pelayanan kepada pasien yang di rawat yang dapat dijadikan salah satu refrensi oleh peneliti di masa mendatang.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kinerja perawat, Triase, Core competencies, Personnel management, Employee motivation, Medical personnel, Nurses, Emergency medical services, Triage (Medicine)
Subjects: Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 15 Jul 2024 02:15
Last Modified: 15 Jul 2024 02:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33397

Actions (login required)

View Item
View Item