Pelajaran dari pandemi: Strategi perawat dalam meningkatkan mutu asuhan keperawatan psikososial

Jesika, Pasaribu and Budi, Anna Keliat and Novy, Helena Chatarina Daulima (2024) Pelajaran dari pandemi: Strategi perawat dalam meningkatkan mutu asuhan keperawatan psikososial. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 2746-198X

[thumbnail of 2746-198X_4_1_2024-1.pdf]
Preview
Text
2746-198X_4_1_2024-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (425kB) | Preview

Abstract

Perawat merupakan petugas medis yang berada digaris depan untuk memerangi pandemic Covid-19. Banyak kendala yang dihadapi perawat saat melakukan asuhan keperawatan bagi pasien Covid-19, khususnya mengatasi masalah psikologis pasien. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman perawat dalam mengatasi kendala perawatan dan mengingkatkan strategi untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini merupakan penelian kualitatif fenomenolis terhadap perawat yang bertugas merawat pasien Covid-19. Kelompok pertama merupakan 20 orang perawat dengan pengambilan data melalui teknik FGD. Kelompok kedua merupakan perawat manajerial sebanyak 5 orang, pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam. terdapat 3 tema pada penelitian ini yakni : bentuk intervensi keperawatan psikososial, mengatasi kendala asuhan psikososial dan peningkatan mutu asuhan keperawatan psikososial. Masalah psikososial pada pasien Covid-19 dapat diatasi dengan melakukan asuhan keperawatan yang komprehensif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: COVID-19, Kualitatif, Pandemic, Perawat, Psikososial, Medical personnel, Nurses, Epidemics, COVID-19 Pandemic, 2020-, Mental health personnel and patient
Subjects: Health Resources > Health Delivery Plans, Projects & Studies
Health Resources > Health Education & Manpower Training
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 09 Jul 2024 01:15
Last Modified: 09 Jul 2024 01:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33372

Actions (login required)

View Item
View Item