Jesika, Pasaribu and Budi, Anna Keliat and Novy, Helena Chatarina Daulima (2024) Pelajaran dari pandemi: Strategi perawat dalam meningkatkan mutu asuhan keperawatan psikososial. MAHESA: Malahayati Health Student Journal, 4 (1): 1. pp. 1-8. ISSN 2746-198X
2746-198X_4_1_2024-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (425kB) | Preview
Abstract
Perawat merupakan petugas medis yang berada digaris depan untuk memerangi pandemic Covid-19. Banyak kendala yang dihadapi perawat saat melakukan asuhan keperawatan bagi pasien Covid-19, khususnya mengatasi masalah psikologis pasien. Peneltian ini bertujuan untuk mengetahui pengalaman perawat dalam mengatasi kendala perawatan dan mengingkatkan strategi untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini merupakan penelian kualitatif fenomenolis terhadap perawat yang bertugas merawat pasien Covid-19. Kelompok pertama merupakan 20 orang perawat dengan pengambilan data melalui teknik FGD. Kelompok kedua merupakan perawat manajerial sebanyak 5 orang, pengambilan data dilakukan dengan wawancara mendalam. terdapat 3 tema pada penelitian ini yakni : bentuk intervensi keperawatan psikososial, mengatasi kendala asuhan psikososial dan peningkatan mutu asuhan keperawatan psikososial. Masalah psikososial pada pasien Covid-19 dapat diatasi dengan melakukan asuhan keperawatan yang komprehensif.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | COVID-19, Kualitatif, Pandemic, Perawat, Psikososial, Medical personnel, Nurses, Epidemics, COVID-19 Pandemic, 2020-, Mental health personnel and patient |
Subjects: | Health Resources > Health Delivery Plans, Projects & Studies Health Resources > Health Education & Manpower Training |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 01:15 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 01:15 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33372 |