Analisis implementasi pendekatan pembelajaran saintifik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Al Wathoniyah 09 Penggilingan Jakarta

M., Sony (2023) Analisis implementasi pendekatan pembelajaran saintifik dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SD Al Wathoniyah 09 Penggilingan Jakarta. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 1 (2): 5. pp. 144-161. ISSN 3026-4332

[thumbnail of 3026-4332_1_2_2023-5.pdf]
Preview
Text
3026-4332_1_2_2023-5.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses pembelajaran pendekatan saintifik dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif analitis. Penelitian ini termasuk juga field reseach yang sumber datanya diperoleh langsung dari lapangan. Penelitian ini menggunakan penelitian yang bersifat analitis, yang memiliki tujuan untuk menggambarkan dengan tepat sifat-sifat suatu keadaan, individu, gejala atau kelompok tertentu atau bisa juga untuk menentukan frekuensi atau penyebaran sebuah gejala dan gejala lain. Teknik pengumpulan data yang di gunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi sedangkan teknik analisa data menggunakan teknik analisis deskriptif mencakup pengumpulan data, reduksi data, menyajikan data, dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa guru PAI di SD Al Wathoniyah 9 sudah mengimplementasikan pembelajaran saintifik dengan baik dan sesuai dengan tahapan-tahapan yang memang sudah ditentukan dalam pendekatan saintifik, hanya saja terkadang guru tidak sistematis atau berurutan pada pelaksanaannya

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendekatan saintifik, Pembelajaran pendidikan agama Islam, Scientific surveys, Islam--Study and teaching, Teaching--Religious aspects--Islam, Inclusive education, School children
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 09 Jul 2024 01:04
Last Modified: 09 Jul 2024 01:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33368

Actions (login required)

View Item
View Item