Upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam menggunakan multimedia pembelajaran siswa di SD Nirwana Tanah Abang

Dzulkifli, Noor and Rahmah, Fatimah Az-Zahra (2023) Upaya meningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam menggunakan multimedia pembelajaran siswa di SD Nirwana Tanah Abang. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 1 (2): 4. pp. 125-143. ISSN 3026-4332

[thumbnail of 3026-4332_1_2_2023-4.pdf]
Preview
Text
3026-4332_1_2_2023-4.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar Pendidikan Agama Islam kelas V SD Nirwana belum optimal. Pembelajaran yang monoton dan kurangnya pengetahuan guru terhadap penggunaan multimedia pembelajaran membuat guru tidak bisa menggunakan multimedia yang tersedia di sekolah untuk mengembangkan lingkungan belajar yang lebih baik. Adanya permasalahan tersebut peneliti mengguanakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan sebagai bentuk refleksi diri berkaitan dengan proses dan dampak penerapan multimedia pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa Kelas V A di SD Nirwana Tanah Abang. Penelitian ini terdiri atas empat tahap, yakni perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Dari penelitian ini diketahui bahwa penggunaan multimedia pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI kelas V A di SD Nirwana Tanah Abang. Hal ini dapat diketahui dengan adanya peningkatan hasil belajar siswa mulai dari prasiklus yang persentase ketuntasannya 35% menjadi 55% pada siklus 1, hingga menjadi 85 % pada siklus II dari jumlah siswa yaitu 20 anak.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Hasil belajar, Pendidikan agama Islam, Multimedia pembelajaran, Islamic education, Teaching--Religious aspects--Islam, Instructional materials centers, Interactive multimedia, Inclusive education, School children
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 09 Jul 2024 00:57
Last Modified: 09 Jul 2024 00:57
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33367

Actions (login required)

View Item
View Item