Abdullah, Safei and Hamdani, Anwar and Ahmad, Zain Sarnoto and Bukhari, Muslim (2023) Dasar-dasar resolusi konflik dalam pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 1 (2): 3. pp. 107-124. ISSN 3026-4332
3026-4332_1_2_2023-3.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Berpijak pada kondisi dan realita dinamika kehidupan sosial masyarakat, agama dijadikan alasan pembenaran, maka agama yang sudah pasti mengajarkan kedamaian dan ketenteraman, akan terasa tidak relevan lagi untuk dijadikan pedoman. Terjadinya ketidakharmonisan dalam masyarakat yang memeluk agama, disebabkan ajaran agama tidak diamalkan sebagaimana mestinya. Agama dipinggirkan. Di samping itu, tidak dapat diingkari bahwa ada di antara umat beragama, pemahamannya terhadap agama yang dipeluknya masih sebatas pemahaman parsial dan pengakuan yang sangat emosional. Masyarakat dunia dewasa ini, sedang bergelut dengan sejumlah problematika yang ditimbulkan dari pemikiran modernisasi, yaitu semakin menipisnya dan dangkalnya penghayatan dan pengamalan ajaran agama. Hal ini, memunculkan problema baru, yakni lahirnya berbagai krisis, di antaranya kemerosotan nilia-nilai moral, berkembangnya gaya hidup korup, menipisnya kekuatan hukum, tidak tegaknya kejujuran dan keadilan serta terkoyaknya perdamaian, kesatuan, dan integrasi sosial.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konflik, Resolusi, Pendidikan Islam, Problem solving, Crisis management, Conflict management, Islamic education, Teaching--Religious aspects--Islam |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities Social and Political Sciences > Social Concerns |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 08:02 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 08:02 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33365 |