Renungan filsafat: Haluan dan cakupan pendidikan Islam

Mustaqim, Hajati (2023) Renungan filsafat: Haluan dan cakupan pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 1 (2): 2. pp. 89-106. ISSN 3026-4332

[thumbnail of 3026-4332_1_2_2023-2.pdf]
Preview
Text
3026-4332_1_2_2023-2.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Perkembangan pendidikan akan terus mengalami pembaharuan dengan disiplin ilmu yang ada. Kajian ini memuat pandangan dan ruang lingkup yang ada dalam pendidikan Islam melalui perspektif filsafat. Pengantar materi di dalam penulisan ini berisikan tentang tinjauan ontologi, espistemologi dan aksiologi untuk kemudian dapat memahami pendidikan Islam secara utuh. Bukan hanya pembahasan definitif dan teoritis, tetapi dihadirkan konsep integrasi antara filsafat dan pendidikan Islam untuk membuktikan bahwa ada relevansi antara filsafat dan pendidikan terbarukan dengan tidak melupakan nilai-nilai Islam. Dapat lihat dari ruang lingkup dan cakupan yang ada dalam pendidikan Islam; tujuan, pelaku, kurikulum, metode, evaluasi, dan lingkungan pendidikan yang tumbuh secara langsung dalam filsafat pendidikan Islam.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Filsafat, Pendidikan Islam, Integrasi, Ruang lingkup, Islamic education, Islam and philosophy, Knowledge, Theory of (Islam), Education--Philosophy
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 08 Jul 2024 07:32
Last Modified: 08 Jul 2024 07:32
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33364

Actions (login required)

View Item
View Item