Mustaqim, Hajati (2023) Renungan filsafat: Haluan dan cakupan pendidikan Islam. Jurnal Tarbiyah Jamiat Kheir, 1 (2): 2. pp. 89-106. ISSN 3026-4332
3026-4332_1_2_2023-2.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Perkembangan pendidikan akan terus mengalami pembaharuan dengan disiplin ilmu yang ada. Kajian ini memuat pandangan dan ruang lingkup yang ada dalam pendidikan Islam melalui perspektif filsafat. Pengantar materi di dalam penulisan ini berisikan tentang tinjauan ontologi, espistemologi dan aksiologi untuk kemudian dapat memahami pendidikan Islam secara utuh. Bukan hanya pembahasan definitif dan teoritis, tetapi dihadirkan konsep integrasi antara filsafat dan pendidikan Islam untuk membuktikan bahwa ada relevansi antara filsafat dan pendidikan terbarukan dengan tidak melupakan nilai-nilai Islam. Dapat lihat dari ruang lingkup dan cakupan yang ada dalam pendidikan Islam; tujuan, pelaku, kurikulum, metode, evaluasi, dan lingkungan pendidikan yang tumbuh secara langsung dalam filsafat pendidikan Islam.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Filsafat, Pendidikan Islam, Integrasi, Ruang lingkup, Islamic education, Islam and philosophy, Knowledge, Theory of (Islam), Education--Philosophy |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 08 Jul 2024 07:32 |
Last Modified: | 08 Jul 2024 07:32 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33364 |