Ananda, Prabu Laksana (2023) Model pendidikan karakter dengan landasan komponen contextual teaching and learning. Journal of Civic Education Research, 1 (1): 4. pp. 16-23. ISSN 2988-7380
2988-7380_1_1_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (218kB) | Preview
Abstract
Pendidikan karakter sama tuanya dengan pendidikan itu sendiri. Begitu juga dengan Indonesia, pendidikan karakter telah lama menjadi bagian penting dalam upaya membentuk manusia yang baik, cerdas, pribadi yang kuat dan tangguh. Sayangnya pelaksanaan pendidikan karakter di Indonesia juga masih menyisakan permasalahan tersendiri, seperti praktek pendidikan karakter yang dilaksanakan justru tidak menekankan proses keterlibatan peserta didik untuk menemukan materi, pendidikan karakter tidak diarahkan untuk mendorong peserta didik dapat menemukan hubungan antara pengalaman belajar di sekolah dengan kehidupan nyata dan pendidikan karakter yang dilselenggarakan selama ini belum mampu mendorong peserta didik untuk dapat mengaplikasikan dan menerapkannya dalam kehidupan nyata. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan literatur. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menunjukan, bahwa komponen-komponen contextual teaching and learning sebagai landasan pengembangan model pendidikan karakter, yaitu (a) konstruktivisme, (b) inkuiri, (c) bertanya (d) masyarakat belajar, (e) pemodelan, (f) refleksi, (g) penilaian sebenarnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model, Pendidikan karakter, Landasan, Komponen, Ethics, Moral education, Study and teaching, Personality, Resilience (Personality trait) |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 02 Jul 2024 03:47 |
Last Modified: | 02 Jul 2024 03:47 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33294 |