Nilai hospitalitas Kristen dalam budaya Raputallang pada suku Toraja dan relevansinya terhadap pencegahan konflik

Milkia, Milkia and Nidya, Elgidya Amara Pateta and Yulita, Palimbong (2023) Nilai hospitalitas Kristen dalam budaya Raputallang pada suku Toraja dan relevansinya terhadap pencegahan konflik. Visio Dei: Jurnal Teologi Kristen, 5 (1): 1. pp. 1-11. ISSN 2685-4015

[thumbnail of 2685-4015_5_1_2023-1.pdf]
Preview
Text
2685-4015_5_1_2023-1.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (185kB) | Preview

Abstract

Konflik sosial seringkali membawa dampak yang sangat negatif bagi masyarakat sebab itu perlu upaya pencegahan. Salah satu cara adalah dengan mengembangkan nilai-nilai hospitalitas yang ada di tengah-tengah masyarakat. Suku Toraja di Sulawesi Selatan memiliki nilai-nilai hospitalitas yang hidup dalam budaya Raputallang. Nilai-nilai hospitalitas ini sangat kental dengan nilai-nilai Kristen. Penelitian ini bertujuan menggali sejauh mana relevansi nilai-nilai hospitalitas Raputallang dalam mencegah timbulnya konflik sosial dalam masyarakat. Metode penelitian yang digunakan adalah studi pustaka terhadap sejumlah tulisan yang telah diterbitkan tentang budaya Raputallang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai-nilai hospitalitas Raputallang memiliki empat fungsi yaitu sebagai penyelesaian masalah, intropeksi diri, perekat sosial, dan kontrol sosial. Keempat fungsi ini mendorong setiap anggota masyarakat Toraja untuk terus meningkatkan kemampuan hidup selaras dengan orang lain di tengah kehidupan bersama. Kemampuan inilah yang berkontribusi pada pencegahan terjadinya konflik sosial dalam masyarakat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Nilai-nilai hospitalitas, Budaya Raputallang, Suku Toraja, Pencegahan konflik, Social conflict, Conflict management, Crisis management, Hospitality in the Bible, Toraja (Indonesian people)
Subjects: Communication
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 28 Jun 2024 04:38
Last Modified: 28 Jun 2024 04:38
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33279

Actions (login required)

View Item
View Item