Revitalisasi ruang pustaka sejarah pahlawan nasional di Tangerang

Melania, Lidwina Pandiangan and Fredy, Jhon Philip Sitorus and Hari, Nugraha and Agustinus, Agus Setiawan (2023) Revitalisasi ruang pustaka sejarah pahlawan nasional di Tangerang. Community of Urban Development, 1 (1): 3. pp. 18-26. ISSN 2986-8173

[thumbnail of 2986-8173_1_1_2023-3.pdf]
Preview
Text
2986-8173_1_1_2023-3.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Raden Aria Wangsakara merupakan pahlawan nasional yang memiliki peran penting dalam sejarah Tangerang Raya. Bersama dengan tokoh ulama lainnya, Raden Aria Wangsakara berjuang mempertahankan wilayah Tangerang Raya dari jajahan VOC. Beliau wafat di tengah perjuangan sengitnya mempertahankan wilayah kekuasaan. Kisah perjuangan yang heroik ini patut mendapatkan perhatian dan wadah khusus sehingga generasi penerus dapat mengetahui kisah dan meneruskan semangat perjuangannya. Oleh karena itu, keturunan Raden Aria Wangsakara membuat ruang pustaka untuk menyimpan buku dan koleksi benda bersejarah dari Raden Aria Wangsakara. Lokasi ruang pustaka ini berada di dalam Pondok Pesantren Naslul Auliya, Desa Lengkong Kyai, Kabupaten Tangerang. Namun sayangnya kondisi ruang pustaka masih belum kondusif sebagai ruang yang representatif untuk menyimpan pusaka sejarah dan koleksi buku perjuangan. Keterbatasan sumber daya warga sekitar dalam mengembangkan ruang pustaka menjadi permasalahan utama. Oleh karena itu, tim pengabdi mengusulkan untuk melakukan kegiatan revitalisasi ruang pustaka sejarah Raden Aria Wangsakara. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat ruang pustaka yang representatif sehingga dapat menarik generasi penerus, tidak terbatas hanya warga Desa Lengkong Kyai namun juga masyarakat Indonesia secara luas, untuk mempelajari dan meneruskan semangat perjuangan salah satu pahlawan nasional ini.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ruang pustaka, Sejarah, Pahlawan Nasional, Raden Aria Wangsakara, Persons, Heroes, Libraries, Nonbook materials, Realia (Library materials)
Subjects: Library & Information Sciences
Social and Political Sciences > Social Concerns
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 21 Jun 2024 04:34
Last Modified: 21 Jun 2024 04:34
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33260

Actions (login required)

View Item
View Item