Tingkat pengetahuan, sikap, dan praktik siswa terhadap materi kebencanaan

Rohmad, Tri Ardani and Bayu, Dwi Santoso and Siti, Nur Halimah and Ira, Fatma Satya Ayu Wardani and Rahmah, Afifah and Wahyu, Widiyatmoko (2023) Tingkat pengetahuan, sikap, dan praktik siswa terhadap materi kebencanaan. EDUKASI: Jurnal Pendidikan, 21 (1): 11. pp. 143-156. ISSN 1829-8702

[thumbnail of 1829-8702_21_1_2023-11.pdf]
Preview
Text
1829-8702_21_1_2023-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (249kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui tingkat pengetahuan, sikap, dan praktik siswa terhadap materi kebencanaan. Penelitian menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan desain survei. Sampel penelitian adalah seluruh siswa MTs Muhammadiyah 1 Dukun yang berjumlah 113 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah sampling jenuh. Data dikumpulkan menggunakan teknik observasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan dan praktik siswa terhadap materi kebencanaan tergolong pada kategori tinggi; kriteria tingkat pengetahuan tergolong pada kategori tinggi atau baik; tingkat sikap tergolong pada kategori sedang; dan praktik tergolong pada kategori tinggi atau baik. Hasi penelitian juga menunjukkan bahwa sikap dengan rata-rata skor tertinggi berada di kelas IX. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa pengetahuan, sikap, dan praktik siswa di MTs Muhammadiyah 1 Dukun terhadap materi kebencanaan tergolong pada kategori tinggi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan kebencanaan, Praktik tanggap bencana, Bencana alam, Materi bencana, Knowledge and learning, Natural disasters, Emergency management, Hazard mitigation, Junior high school students
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:36
Last Modified: 20 Jun 2024 03:36
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33253

Actions (login required)

View Item
View Item