Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar: Metaanalisis

Toto, Sugiarto and Ambiyar, Ambiyar and Wakhinuddin, Wakhinuddin and Wawan, Purwanto and Hendra, Dani Saputra (2023) Efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi terhadap hasil belajar: Metaanalisis. EDUKASI: Jurnal Pendidikan, 21 (1): 10. pp. 128-142. ISSN 1829-8702

[thumbnail of 1829-8702_21_1_2023-10.pdf]
Preview
Text
1829-8702_21_1_2023-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (368kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengukur efektivitas penggunaan media pembelajaran berbasis teknologi informasi dan komunikasi (TIK) terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian merupakan penelitian metaanalisis menggunakan data sekunder. Data yang digunakan berupa hasil posttest kelas eksperimen dan kontrol pada artikel yang menggunakan media pembelajaran berbasis TIK, mulai jenjang pendidikan SD, SMP, SMA, SMK, dan perguruan tinggi. Artikel yang digunakan sebanyak 30 artikel. Data yang berhasil dikumpulkan dihitung menggunakan formula effect size. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media belajar berbasis TIK memiliki dampak yang tinggi terhadap capaian hasil belajar pada semua tingkat pendidikan. Oleh karenanya, disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis TIK memiliki tingkat efektivitas tinggi dan tepat digunakan untuk semua tingkat satuan pendidikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media pembelajaran berbasis TIK, Metaanalisis, Hasil belajar, Social sciences--Statistical methods, Meta-analysis, Schools, Communication and technology, Instructional materials centers, Effective teaching
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 Jun 2024 03:15
Last Modified: 20 Jun 2024 03:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33252

Actions (login required)

View Item
View Item