Nurita, Putranti (2023) Pemanfaatan blended learning untuk meningkatkan efektivitas belajar Google Spreadsheet pada bimbingan teknologi informatika dan komunikasi. EDUKASI: Jurnal Pendidikan, 21 (1): 8. pp. 98-112. ISSN 1829-8702
1829-8702_21_1_2023-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (274kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian untuk memperbaiki proses pembelajaran sehingga meningkatkan efektivitas belajar dengan pemanfaatan blended learning. Bentuk penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan di kelas X PIPS 1 SMAN 2 Pontianak yang terdiri dari 35 orang. Pengumpulan data menggunakan lembar observasi yang dilakukan rekan pendidik saat proses pembelajaran tatap muka, soal evaluasi (daring), dan memberikan angket ke peserta didik. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan pembelajaran meningkat dari siklus I ke siklus II; hasil belajar peserta didik pada materi Google Spreadsheet meningkat dari siklus I ke siklus II; dan peserta didik memberikan respons positif mengenai pemanfaatan blended learning dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa blended learning meningkatkan efektivitas belajar peserta didik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Efektivitas belajar, Teacher effectiveness, Blended learning, Google Spreadsheet, Learning processes, Academic achievement, Telecomunication and information technology |
Subjects: | Computers, Control & Information Theory Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 05:03 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 05:03 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33250 |