Project-based writing dalam pembelajaran menulis akademik mahasiswa

Nur, Shabrina Reznani and Bambang, Sulistyo and Nurhasanah, Nurhasanah (2023) Project-based writing dalam pembelajaran menulis akademik mahasiswa. EDUKASI: Jurnal Pendidikan, 21 (1): 4. pp. 41-52. ISSN 1829-8702

[thumbnail of 1829-8702_21_1_2023-4.pdf]
Preview
Text
1829-8702_21_1_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (212kB) | Preview

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengukur efektivitas project-based writing (PBW) terhadap keterampilan menulis akademik mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan adalah praeksperimen dengan rancangan penelitian one group pretest-posttest design. Populasi penelitian berjumlah 60 mahasiswa STIE Dwi Sakti Baturaja. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampel jenuh sehingga keseluruhan populasi dalam penelitian dijadikan sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pretest dan posttest. Pengolahan data dilakukan dengan perhitungan uji-t dengan bantuan program aplikasi SPSS 20. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBW efektif terhadap keterampilan menulis akademik mahasiswa. Nilai rata-rata posttest mengalami peningkatan dari nilai pretest. Berdasarkan hasil penelitian, maka disimpulkan bahwa penerapan PBW efektif meningkatkan keterampilan menulis akademik mahasiswa Manajemen pada mata kuliah wajib kurikulum Bahasa Indonesia.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Efektivitas pembelajaran, Menulis akademik, Project-based writing, University students, Writing skills, Project-based learning
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 06 Mar 2024 03:41
Last Modified: 06 Mar 2024 03:41
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33246

Actions (login required)

View Item
View Item