Dayu, Retno Puspita and Asih, Rosnaningsih (2023) Analisis kebutuhan mahasiswa dalam mengembangkan bahan ajar English for children. EDUKASI: Jurnal Pendidikan, 21 (1): 3. pp. 27-40. ISSN 1829-8702
1829-8702_21_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (296kB) | Preview
Abstract
Penelitian bertujuan mengidentifikasi kebutuhan mahasiswa dalam mengembangkan bahan ajar English for Children. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muhammadiyah Tangerang. Responden terdiri dari 77 mahasiswa yang menanggapi angket dengan 29 item yang mewakili enam variabel penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian dikelompokkan menjadi enam variabel kebutuhan, yaitu: tujuan pembelajaran, topik, latihan, kegiatan pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mahasiswa membutuhkan konsep teori bahasa Inggris yang terkait dengan pengajaran anak, konsep pengembangan rencana pembelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak, konsep karakteristik anak dalam belajar bahasa Inggris, konsep pengajaran empat keterampilan bahasa Inggris (listening, speaking, reading, dan writing) menggunakan lagu, cerita, permainan, dan pengajaran berbantuan teknologi. Mahasiswa juga membutuhkan latihan dan aktivitas belajar yang bervariasi, serta media pembelajaran berupa buku teks dan penilaian pembelajaran yang dilakukan di akhir topik.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis kebutuhan, Pembelajaran bahasa Inggris, Bahan ajar, Teaching materials, Learning methods, English language, University students |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 03:34 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 03:34 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33245 |