Farhat, Abas (2023) Pengaruh iklim organisasi dan motivasi terhadap kinerja penyuluh lapangan keluarga berencana di Kota Tangsel (Studi kasus pada Taman Kanak-Kanak Ciputat Tangerang Selatan). Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ganesha, 1 (1): 3. pp. 23-32. ISSN 0216-1680
0216-1680_1_1_2023-3.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh variabel-variabel bebas iklim sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik sebagai variabel terikat pada Taman Kanak-Kanak Tunas Cendekia Serua Ciputat Tangerang Selatan.Terdapat pengaruh iklim sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik, terdapat pengaruh kepemimpinan kepala sekolah terhadap prestasi belajar peserta didik dan terdapat pengaruh iklim sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik pada Taman Kanak-Kanak Tunas Cendekia Serua Ciputat Tangerang Selatan. Variabel iklim sekolah ternyata memiliki pengaruh yang positif dan kuat terhadap prestasi belajar peserta didik dengan nilai koefisien korelasinya, yaitu rx1y = 0,605, dengan koefisien determinasi sebesar 0,366 yang berarti prestasi belajar peserta didik sebesar 36.6% ditentukan oleh iklim sekolah dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 63.4%. 2) Sedangkan variabel Kepemimpinan Kepala Sekolah memiliki pengaruh yang berkategori kuat dan positif terhadap prestasi belajar peserta didik dengan nilai koefisiennya, yaitu rx2y = 0,675, dengan koefisien determinasi sebesar 0,456yang berarti prestasi belajar peserta didik sebesar 45.6% ditentukan oleh iklim sekolah dan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain sebesar 54.4%. 3) Korelasi berganda antara iklim sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah secara bersama-sama terhadap prestasi belajar peserta didik pada Taman Kanak-Kanak Tunas Cendekia Serua Ciputat Tangerang Selatan memiliki pengaruh yang kuat dengan nilai koefisien korelasi (Rx1,x2y) = 0.716 dengan koefisien determinasi sebesar 0,513. Hal ini menunjukkan 51,3% variabel prestasi belajar peserta didik pada Taman Kanak-Kanak Tunas Cendekia Serua Ciputat Tangerang Selatan, ditentukan oleh faktor variabel iklim sekolah dan kepemipinan kepala sekolah, sedangkan sisanya 48,7% ditentukan faktor-faktor lain, yang dalam penelitian ini tidak dapat diteliti.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kepemimpinan, Kepala sekolah yang baik menciptakan peserta didik berprestasi, Leadership, Performance appraisal, Organizational climate, Family planning |
Subjects: | Administration & Management > Management Practice Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 06 Mar 2024 02:24 |
Last Modified: | 06 Mar 2024 02:24 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33233 |