Model pembelajaran tari dalam program “belajar bersama maestro” untuk meningkatkan kreativitas siswa

Mellany, Octa Salsabila Sugiarto and Setyo, Yanuartuti and Indar, Sabri (2023) Model pembelajaran tari dalam program “belajar bersama maestro” untuk meningkatkan kreativitas siswa. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 6 (7): 42. pp. 3062-3073. ISSN 2615-0921

[thumbnail of 2615-0921_6_7_2023-42.pdf]
Preview
Text
2615-0921_6_7_2023-42.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (381kB) | Preview

Abstract

Belajar Bersama Maestro merupakan sebuah program pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk belajar secara langsung dari maestro atau seseorang yang memiliki kompetensi di bidang seni. Program ini memungkinkan siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran secara kreatif. Tujuan penelitian ini untuk memaparkan model pembelajaran tari dan kreativitas siswa dalam program Belajar Bersama Maestro. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan sumber data diperoleh dari ibu Retno Maruti dan siswa yang mengikuti program tersebut. Analisis data menggunakan pengumpulan data, pengelompokan data dan pemeriksaan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran menggunakan ekspositori dan berbasis proyek untuk mencapai hasil yang optimal. Dalam menggunakan model pembelajaran ekspositori, siswa belajar gerakan dasar tari Rantaya dan tari Kumolo Bumi dengan cara yang sistematis dan terstruktur. Maestro sebagai instruktur menyampaikan materi dengan jelas dan bertahap kepada siswa. Sementara itu, model pembelajaran berbasis proyek diimplementasikan melalui pementasan akhir program. Pementasan ini melibatkan penggunaan materi yang telah diajarkan oleh maestro, serta penampilan tarian daerah masing-masing siswa. Model pembelajaran ini berhasil mendorong kreativitas siswa untuk tetap mengapresiasi seni. Bukti keberhasilannya terlihat dari statistik peserta program Belajar Bersama Maestro, 30% siswa memilih melanjutkan pendidikan tinggi di bidang seni, 20% siswa tetap aktif dalam kegiatan seni setelah program berakhir, dan 50% siswa terus mengapresiasi dan menikmati seni. Program Belajar Bersama Maestro mampu memotivasi siswa untuk melanjutkan pendidikan dalam bidang seni, tetap terlibat secara aktif dalam kegiatan seni, atau menjadi penggemar seni yang menghargai karya-karya seni.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran, Tari, Belajar bersama maestro, Kreativitas, Learning models, Dance, Learning processes
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 06 Mar 2024 01:44
Last Modified: 06 Mar 2024 01:44
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33229

Actions (login required)

View Item
View Item