Implementasi literasi melalui blended online learning pada guru dan siswa SMP Muhammadiyah 9 Semarang

Enny, Dwi Lestariningsih and Binti, Muflikhah and Edi, Prayitno and Eko, Andy Purnomo and Testiana, Deni Wijayatiningsih (2023) Implementasi literasi melalui blended online learning pada guru dan siswa SMP Muhammadiyah 9 Semarang. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2 (4): 11. pp. 49-53. ISSN 2829-5617

[thumbnail of 2829-5617_2_4_2023-11.pdf]
Preview
Text
2829-5617_2_4_2023-11.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (477kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Pergeseran pembelajaran dari luring menjadi daring pada masa pandemi COVID 19 memberikan dampak besar pada proses pembelajaran di sekolah khususnya SMP Muhammadiyah 9 Semarang. Sekolah yang berlokasi di Jalan Lapangan Kalisasak No.9 Mangkang Wetan Tugu Kota Semarang, dimana siswa-siswa dan guru-guru melaksanakan daring dengan whats app group dan google classroom. Sebanyak 60 % guru di SMP Muhammadiyah 9 menggunakan whatsapp dan google classroom untuk melaksanakan pembelajaran belum mengaplikasikan media dan pendekatan yang memotivasi dan menunjang autonomous learning siswa. Guru belum memiliki kemampuan memodifikasi pembelajaran online berbasis blended learning dengan media android sederhana. Hampir 55 % siswa bosan mengikuti pembelajaran karena tidak bertemu tatap muka secara langsung. Permasalahan ini terjadi karena keterbatasan fasilitas yang dimiliki oleh SMP Muhammadiyah 9 Kota Semarang. Tujuan: Untuk meningkatkan literasi dalam berinovasi menggunakan media ajar yang menarik seperti video, android sederhana atau media audio dengan media blended online learning. Metode: Kegiatan pendampingan ini dimulai dari; 1) pendampingan pelatihan pembelajaran blended online, 2) pendampingan pelatihan media ajar menarik, 3) pendampingan perancangan lesson plan berdasar daring, literasi dan blended online learning bagi guru. Hasil: Adapun hasil pengabdian ini adalah adanya kemampuan literasi guru yang berbasis teknologi model aplikasi dasar media blended online learning, lesson plan, serta peningkatan motivasi belajar siswa dan kompetensi profesional guru dalam menggunakan media bervariasi. Kesimpulan: Oleh karena itu, adanya motivasi belajar siswa yang baik maka dapat mendukung kemampuan profesional guru yang inovatif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Literasi, Blended online learning, Electronic learning, Literacy, Learning methods, Secondary education
Subjects: Urban & Regional Technology & Development > Social Services
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Den Rizzal Rosiyan
Date Deposited: 05 Mar 2024 05:50
Last Modified: 05 Mar 2024 05:50
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33214

Actions (login required)

View Item
View Item