Socialization of android-based health service system application (good care) at Clinic of Wijaya Kusuma, Surakarta, Central Java, Indonesia and Becora Primary Health, Dili Province, Timor Leste

Oliva, Virvizat Prasastin and Frieda, Ani Noor and Aris, Prastyoningsih and Anggi, Putri Aria Gita and Nella, Tri Surya and Sufina, Pinto and Agustinho, Moreira (2023) Socialization of android-based health service system application (good care) at Clinic of Wijaya Kusuma, Surakarta, Central Java, Indonesia and Becora Primary Health, Dili Province, Timor Leste. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 6 (7): 20. pp. 2794-2804. ISSN 2615-0921

[thumbnail of 2615-0921_6_7_2023-20.pdf]
Preview
Text
2615-0921_6_7_2023-20.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (447kB) | Preview

Abstract

Sistem informasi saat ini telah mengalami perkembangan melalui penggunaan media digital, salah satunya dalam bidang pelayanan kesehatan. Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) merupakan jenis pelayanan kesehatan yang memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat sebagai garda terdepan dalam peningkatan status derajat kesehatan. Sistem pelayanan kesehatan yang sudah berjalan pada FKTP terutama pada praktik swasta masih terdapat beberapa kendala selain berkaitan dengan sistem register masih dilakukan secara manual dengan cara mencatatat pada buku pendaftaran sehingga memungkinkan risiko terjadi kesalahan dan proses pencarian data kunjungan memakan waktu yang lama. Tenaga kesehatan pada Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) mengetahui, menerapkan atau mengaplikasikan serta meningkatkan literasi terkait perkembangan teknologi dalam pengelolaan atau manajemen pelayanan kesehatan. Sehingga dengan adanya kegiatan pengabdian masyarakat ini harapannya pelayanan kesehatan di fasilitas pelayanan kesehatan dapat terpenuhi sesuai kebutuhan (customer’s needs). Presentasi, tutorial, diskusi dan evaluasi yang dilaksanakan melalui Zoom Meeting. Hasil perhitungan rata-rata skor peserta mengalami peningkatan setelah diberikan edukasi yaitu sebesar 1,6 poin dari 6,8 menjadi 8,4. dan didapatkan nilai kepuasan peserta sangat baik dengan skor rata-rata kebermanfaatan sebesar 4,57. Peningkatan terhadap pemahaman berbanding lurus dengan peningkatan kesadaran dan motivasi dalam memanfaatkan akses layanan kesehatan baik dalam bentuk media, informasi maupun jasa layanan kesehatan di fasilitas layanan kesehatan setelah mendapatkan pemaparan materi melalui presentasi dan Buku SOP Penggunaan Aplikasi Good Care.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Good care, Aplikasi, Digitalisasi, Layanan kesehatan, Smartphones, G1 (Smartphone), Mobile apps, Medical care, Health services accessibility
Subjects: Health Resources > Health Services
Computers, Control & Information Theory > Applications Software
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 20 Jun 2024 01:27
Last Modified: 20 Jun 2024 01:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33169

Actions (login required)

View Item
View Item