Sosialisasi pangan aman dan halal pada Siswa Sekolah

Agus, Suyanto and Nurrahman, Nurrahman and Siti, Aminah and Wikanastri, Hersoelistyorini (2023) Sosialisasi pangan aman dan halal pada Siswa Sekolah. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2 (3): 4. pp. 14-18. ISSN 2829-5617

[thumbnail of 2829-5617_2_3_2023-4.pdf]
Preview
Text
2829-5617_2_3_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (550kB) | Preview

Abstract

Latar belakang: Pangan merupakan kebutuhan pokok manusia yang paling utama, yang tidak dapat ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tuntutan dan perhatian terhadap kualitas pangan yang akan dikonsumsi masyarakat, dirasakan semakin lama semakin besar. Pangan yang baik harus bermutu, bergizi, aman dan halal.Tujuan: Kegiatan sosialisasi pangan aman dan halal untuk memberikan pengetahuan kepada siswa akan pentingnya mengkonsumsi makanan yang aman dan halal. Metode: Sosialisasi ini dilakukan dengan cara memberikan pelatihan dalam bentuk ceramah kepada siswa SMP dan SMK, masing-masing sebanyak 28 dan 23 orang. Pelatihan siswa SMP dan SMK dipisah agar lebih fokus dalam menerima materi. Untuk mengetahui dampak pelatihan dilakukan pre-test dan post-test dengan menjawab soal yang telah disiapkan. Hasil: dari nilai rata-rata pengetahuan tentang pangan aman dan halal sebelum dan setelah ceramah sebesar 5,61 dan 7,04 untuk siswa SMP, sedangkan pada siswa SMK sebesar 5,35 dan 7,04. Kesimpulan: Sosialisasi menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswa meningkat secara signifikan.

Latar belakang: Pangan merupakan kebutuhan pokok manusia yang paling utama, yang tidak dapat ditinggalkan dalam kehidupan sehari-hari. Tuntutan dan perhatian terhadap kualitas pangan yang akan dikonsumsi masyarakat, dirasakan semakin lama semakin besar. Pangan yang baik harus bermutu, bergizi, aman dan halal. Tujuan: Kegiatan sosialisasi pangan aman dan halal untuk memberikan pengetahuan kepada siswa akan pentingnya mengkonsumsi makanan yang aman dan halal. Metode: Sosialisasi ini dilakukan dengan cara memberikan pelatihan dalam bentuk ceramah kepada siswa SMP dan SMK, masing-masing sebanyak 28 dan 23 orang. Pelatihan siswa SMP dan SMK dipisah agar lebih fokus dalam menerima materi. Untuk mengetahui dampak pelatihan dilakukan pre-test dan post-test dengan menjawab soal yang telah disiapkan. Hasil: dari nilai rata-rata pengetahuan tentang pangan aman dan halal sebelum dan setelah ceramah sebesar 5,61 dan 7,04 untuk siswa SMP, sedangkan pada siswa SMK sebesar 5,35 dan 7,04. Kesimpulan: Sosialisasi menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan siswa meningkat secara signifikan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Halal, Pangan aman, Sosialisasi, Siswa, Food security, Halal food, Students
Subjects: Health Resources
Health Resources > Health Services
Health Resources > Health Education & Manpower Training
Urban & Regional Technology & Development > Health Services
Depositing User: Den Rizzal Rosiyan
Date Deposited: 22 Aug 2024 13:35
Last Modified: 22 Aug 2024 13:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33159

Actions (login required)

View Item
View Item