Peningkatan kemampuan literasi keuangan pada siswa SMP dan SMA melalui pembelajaran business model canvas dengan metode mentoring

Lexi, Pranata Budidharmanto and Thomas, Stefanus Kaihatu and Karina, Enny Agustina and Kezia, Victory Purwadi and Ellen, Lawrencia Yahya (2023) Peningkatan kemampuan literasi keuangan pada siswa SMP dan SMA melalui pembelajaran business model canvas dengan metode mentoring. Jurnal Kreativitas Pengabdian kepada Masyarakat, 6 (7): 10. pp. 2669-2679. ISSN 2615-0921

[thumbnail of 2615-0921_6_7_2023-10.pdf]
Preview
Text
2615-0921_6_7_2023-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (486kB) | Preview

Abstract

Literasi dan inklusi keuangan di Indonesia semakin meningkat setiap tahunnya, kendati begitu terdapat perbedaan yang cukup tinggi antara tingkat inklusi dan literasi masyarakat di Indonesia. Data tingkat literasi keuangan untuk tingkat pendidikan Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) mencapai 52,88% dan 46,61%, sementara inklusi keuangan mencapai 90,46% dan 80,61%. Hal ini menunjukkan bahwa masyarakat memiliki akses keuangan namun belum paham mengenai fungsi dan resikonya. Menghadapi fenomena ini, muncul pemahaman akan pentingnya literasi keuangan sejak dini. Universitas Ciputra Surabaya bekerja sama dengan SMA Kristen Gloria 2 Surabaya dan SMP Happy Family School Surabaya mendukung adanya pembelajaran literasi keuangan di lingkungan sekolah. Metode pembelajaran yang digunakan pada pelatihan literasi keuangan ini adalah pendampingan yang menitikberatkan pada proses mentoring yang dilaksanakan oleh mahasiswa. Adapun materi yang digunakan untuk mengajarkan literasi keuangan adalah Business Model Canvas dengan luaran tugas berupa worksheet hasil ideasinya. Metode penelitian dilakukan melalui uji coba terbatas dengan mengadaptasi model penelitian tindakan kelas. Sedangkan data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif. Pengambilan data peningkatan kemampuan siswa diukur melalui pre-test, mid-test, dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pada siswa SMA sebesar 68%, dan pada siswa SMP sebesar 33%. Peningkatan hasil ini memberikan kesimpulan bahwa materi Business Model Canvas dapat digunakan untuk mengajarkan literasi keuangan pada siswa SMP dan SMA, dan metode mentoring terbukti efektif meningkatkan kemampuan pembelajaran siswa mengenai literasi keuangan.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Keuangan, Business, Model, Canvas, Mentoring, Financial literacy, Learning methods, Secondary education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 04 Mar 2024 05:09
Last Modified: 04 Mar 2024 05:09
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33158

Actions (login required)

View Item
View Item