The relationship between family support and quality of life of hemodialysis patients at RSU Royal Prima Medan

Cristiani, Harefa and Sri, Purjianti and Feryaman, Dachi and Maya, Khairiyah and Johannes, Siahaan and Karmila, Br Kaban (2023) The relationship between family support and quality of life of hemodialysis patients at RSU Royal Prima Medan. Manuju : Malahayati Nursing Journal, 5 (7): 19. pp. 2212-2221. ISSN 2655-2728

[thumbnail of 2655-2728_5_7_2023-19.pdf]
Preview
Text
2655-2728_5_7_2023-19.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (242kB) | Preview

Abstract

Hemodialisis adalah bentuk perawatan untuk pasien dengan kehilangan fungsi ginjal sementara atau selamanya karena penyakit ginjal kronis. Dukungan keluarga adalah faktor yang bisa mempengaruhi terapi hemodialisa padapasien. Salah satunya faktor yang mendukung keberhasilan kerja keperawatan adalah keterlibatan keluarga pasien. Kualitas hidup pasien yang baik ialah aspek penting dalam penyediaan layanan medis yang komprehensif. Untuk melihat hubungan antara dukungan keluarga dengan kualitas hidup pada pasien hemodialisis. Jenis penelitian memakai survei analitik dengan desain cross sectional. Populasi mencakup semua pasien hemodialisis. Teknik penarikan sampel memakai random sampling, sehingga sampel berjumlah 32 orang. Hasil penelitian membuktikan dukungan keluarga pada pasien hemodialisa di RSU Royal Prima mayoritas dukungan keluarga baik. Kualitas hidup pada pasien hemodialisa di RSU Royal Prima mayoritas kualitas hidup sangat baik. Ada hubungan dukungan keluarga dengan kualitas hidup pada pasien hemodialisa diRSU Royal Prima. Diharapkan keluarga sebaiknya memberikan dukungan sehingga responden bisa terima kondisinya serta bisa melakukan pengobatan hemodialisa secara rutin. Diharapkan tempat penelitian bisa menyediakan fasilitas pelayanan kesehatan lebih baik lagi dan memberi pendidikan kesehatan mengenai dukungan keluarga dengan kualitas hidup pasien hemodialisa. Peneliti selanjutnya diharapkan bisa meneliti penyakit lain dengan variabel yang sama.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Dukungan keluarga, Kualitas hidup, Hemodialisa, Hemodialysis, Quality of live, Support (Domestic relations)
Subjects: Health Resources > Health Care Technology
Health Resources > Health Services
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 01 Mar 2024 06:58
Last Modified: 01 Mar 2024 06:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33134

Actions (login required)

View Item
View Item