Implementasi model pembelajaran inquiry training berbasis modul digital dalam mempengaruhi hasil belajar siswa

Ade, Evi Fatimah and Muhammad, Indra and Syaiful, Bahri and Harry, Pratama Figna and Ryan, Dhika Priyatna (2023) Implementasi model pembelajaran inquiry training berbasis modul digital dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Indonesian Journal of Education and Computer Science, 1 (1): 5. pp. 30-36. ISSN 2987-7644

[thumbnail of 2987-7644_1_1_2023-5.pdf]
Preview
Text
2987-7644_1_1_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (482kB) | Preview

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan desain kuasi-eksperimen, dan teknik pengambilan sampel menggunakan Stratified Random Sampling. Sampel penelitian terdiri dari siswa kelas X TKRO-1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas X TKRO-2 sebagai kelompok kontrol, dengan jumlah siswa masing-masing adalah 32 orang. Kelompok eksperimen diberi perlakuan berupa penerapan pembelajaran inquiry training menggunakan modul digital, sedangkan kelompok kontrol menerima perlakuan pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah tes pilihan ganda dengan 20 soal dan 5 pilihan jawaban. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelompok eksperimen adalah 81,09, sedangkan nilai rata-rata kelompok kontrol adalah 70,63. Pengujian signifikansi dengan taraf α 0,05 (5%) menunjukkan bahwa nilai uji t diperoleh secara signifikan (2-tailed) yaitu 0,00, dengan hasil belajar siswa kurang dari 0,05. Oleh karena itu, Ha diterima, yang menunjukkan adanya perbedaan signifikan dalam kemampuan matematika antara siswa yang menerapkan model pembelajaran inquiry training dan siswa yang menerapkan model pembelajaran konvensional.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Metode, Inquiry training, Modul digital, Inquiry-based learning, Academic achievement, Learning methods, Digital module
Subjects: Computers, Control & Information Theory
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 29 Feb 2024 03:47
Last Modified: 29 Feb 2024 03:47
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33108

Actions (login required)

View Item
View Item