Pentingkah mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pendidikan akuntansi?

Binti, Shofiatul Jannah (2023) Pentingkah mengintegrasikan nilai-nilai Islam dalam pendidikan akuntansi? JAS (Jurnal Akuntansi Syariah), 7 (1): 3. pp. 30-41. ISSN 2549-3086

[thumbnail of 2549-3086_7_1_2023-3.pdf]
Preview
Text
2549-3086_7_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (724kB) | Preview

Abstract

Berbagai skandal akuntansi yang melibatkan profesi akuntansi diindikasi karena dominasi penggunaan akal pikiran di dalam pendidikan akuntansi. Maka, tujuan penelitian adalah memahami dan mengkaji persepsi pendidik akuntansi tentang integrasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan akuntansi. Cara pandang interpretif digunakan dalam penelitian kualitatif ini. Teknik pengumpulan data melalui wawancara. Wawancara mendalam dilakukan kepada tiga dosen akuntansi dengan pertanyaan terbuka. Selanjutnya, hasil wawancara ditranskripkan dan dianalisis menggunakan model Miles dan Huberman yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Nilai-nilai Islam penting untuk diintegrasikan dalam pendidikan akuntansi. Bentuk integrasi nilai-nilai Islam dalam pendidikan akuntansi meliputi berdoa bersama sebelum proses pembelajaran, membaca ayat al-quran, dan latihan ―olah rasa‖ di kelas. Hasil penelitian berkontribusi dalam membuktikan bahwa nilai-nilai Islam perlu diintegrasikan ke dalam pendidikan akuntansi.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Pendidikan akuntansi, Skandal akuntansi, Nilai-nilai Islam, Olah rasa, Economics education, Islamic ethics, Fraud, Accounting
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Economics and Business > Banking & Finance
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 28 Feb 2024 03:17
Last Modified: 28 Feb 2024 03:17
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33058

Actions (login required)

View Item
View Item