Apolonarius, Moko and Angelinus, Vincentius and Erfin, Erfin (2023) Tingkat kepuasan masyarakat terhadap perizinan usaha perikanan tangkap bagi nelayan Kabupaten Sikka pada kantor cabang Dinas Kelautan Dan Perikanan Provinsi Nusa Tenggara Timur di Larantuka. Aquanipa : Jurnal Ilmu Kelautan dan Perikanan, 5 (4): 5. pp. 32-54. ISSN 2723-0031
2723-0031_5_4_2023-5.pdf - Published Version
Download (884kB) | Preview
Abstract
Tujuan penelitian untuk mengetahui implementasi kebijakan penerbitan SIUP dan SIPI bagi nelayan Kabupaten Sikka, dan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan penerbitan SIUP dan SIPI bagi nelayan Kabupaten Sikka pada Kantor Cabang Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTT Wilayah Kerja Kabupaten Lembata, Flores Timur dan Sikka di Larantuka. Penelitian dilaksanakan selama 4 bulan dalam program magang Merdeka Belajar Kampus Merdeka sejak tanggal 7 Agustus 20023 sampai 7 Desember 2023. Metode yang digunakan adalah Praktek Kerja, Observasi, Pencatatan Data, Dokumentasi, Wawancara dan Studi Literatur. Analisis mengenai implementasi kebijakan penerbitan SIUP dan SIPI pada KCD Larantuka dilakukan tabulasi data kemudian analisis deskriptif, sedangkan analisis tingkat kepuasan masyarakat dilakukan dengan perhitungan Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) dimana pengumpulan data dilakukan dengan memberikan kuesioner secara personal, dengan jumlah responden sebanyak 100 (seratus) orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan penerbitan SIUP dan SIPI bagi nelayan Kabupaten Sikka di KCD Larantuka telah diatur dalam KepmenKP no. 58/2020 dan PerGub NTT no. 54/2022, dan sudah tersedia SOP yang jelas, namun masih terasa menyulitkan karena dokumen-dokumen diurus pada tempat yang berbeda, serta masih ada peran calo. KCD Larantuka berupaya mendorong penggunaan barcode di kapal maupun pada SIUP dan SIPI, membuka gerai pelayanan di daerah-daerah, dan sosialisasi intensif. Berdasarkan hasil analisis kesenjangan menunjukkan bahwa prioritas tertinggi untuk dilakukan perbaikan adalah indikator kemudahan prosedur dan indikator kecepatan pelayanan, sedangkan prioritas terendah untuk dilakukan perbaikan adalah indikator kompetensi dan komitmen petugas, dan indikator kedisiplinan pelayanan. Hasil analisis Customer Satisfaction Indeks menunjukkan bahwa tingkat kepuasan masyarakat nelayan terhadap kinerja pelayanan perizinan pada KCD Larantuka berada pada range 66% - 80,99% dengan kriteria Puas.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | SIUP, SIPI, Nelayan, Tingkat kepuasan, KCD Larantuka, Public services, Client satisfaction, Social institutions, Capture fisheries, Fishermen |
Subjects: | Problem Solving Information for State & Local Governments > Economic & Community Development Urban & Regional Technology & Development > Social Services Agriculture & Food > Fisheries & Aquaculture |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 07:04 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 07:04 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33035 |