Alexandra, Ruth Santoso and Luti, Kurniawati and Jessica, Amanda and Everine, Joanna Onggowarsito (2023) Perancangan website kampanye daur ulang sampah dengan pendekatan gamifikasi. Imatype: Journal of Graphic Design Studies, 2 (1): 6. pp. 53-60. ISSN 2828-4151
2828-4151_2_1_2023-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (847kB) | Preview
Abstract
Permasalahan tentang banyaknya sampah dan dampaknya terhadap lingkungan sudah banyak dibahas dan berbagai macam kampanye sudah sering dilakukan. Ditambah lagi sejak adanya pandemi COVID-19, jumlah sampah yang dihasilkan terus bertambah. Komunitas Sobung Sarka di Jember ingin juga turut serta untuk mengkampanyekan hidup minim sampah dan memberikan edukasi tentang mendaur ulang sampah. Pendekatan kampanye secara gamifikasi dengan media website dilakukan untuk menarik minat anak muda agar mau ikut serta dalam berkarya. Dengan metode design thinking, perancangan website kampanye dieksplorasi dan dievaluasi. Rancangan kampanye Trashicous dengan gamifikasi mendapatkan respon positif dan prototipe website juga berhasil menarik minat anak muda.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kampanye sosial, Daur ulang, Desain website, Gamifikasi, Design thinking, Recycling, Web site development, Design, Campaign |
Subjects: | Communication > Graphics Computers, Control & Information Theory Computers, Control & Information Theory > Applications Software |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 27 Feb 2024 05:15 |
Last Modified: | 27 Feb 2024 05:15 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33014 |