Perancangan website kampanye daur ulang sampah dengan pendekatan gamifikasi

Alexandra, Ruth Santoso and Luti, Kurniawati and Jessica, Amanda and Everine, Joanna Onggowarsito (2023) Perancangan website kampanye daur ulang sampah dengan pendekatan gamifikasi. Imatype: Journal of Graphic Design Studies, 2 (1): 6. pp. 53-60. ISSN 2828-4151

[thumbnail of 2828-4151_2_1_2023-6.pdf]
Preview
Text
2828-4151_2_1_2023-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (847kB) | Preview

Abstract

Permasalahan tentang banyaknya sampah dan dampaknya terhadap lingkungan sudah banyak dibahas dan berbagai macam kampanye sudah sering dilakukan. Ditambah lagi sejak adanya pandemi COVID-19, jumlah sampah yang dihasilkan terus bertambah. Komunitas Sobung Sarka di Jember ingin juga turut serta untuk mengkampanyekan hidup minim sampah dan memberikan edukasi tentang mendaur ulang sampah. Pendekatan kampanye secara gamifikasi dengan media website dilakukan untuk menarik minat anak muda agar mau ikut serta dalam berkarya. Dengan metode design thinking, perancangan website kampanye dieksplorasi dan dievaluasi. Rancangan kampanye Trashicous dengan gamifikasi mendapatkan respon positif dan prototipe website juga berhasil menarik minat anak muda.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Kampanye sosial, Daur ulang, Desain website, Gamifikasi, Design thinking, Recycling, Web site development, Design, Campaign
Subjects: Communication > Graphics
Computers, Control & Information Theory
Computers, Control & Information Theory > Applications Software
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 27 Feb 2024 05:15
Last Modified: 27 Feb 2024 05:15
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33014

Actions (login required)

View Item
View Item