Perancangan ulang identitas visual Kopi Es Tak Kie melalui metodologi desain fives phases of the design process

Evelyn, Evelyn and Aliansyah, Zulkarnain (2023) Perancangan ulang identitas visual Kopi Es Tak Kie melalui metodologi desain fives phases of the design process. Imatype: Journal of Graphic Design Studies, 2 (1): 5. pp. 32-52. ISSN 2828-4151

[thumbnail of 2828-4151_2_1_2023-5.pdf]
Preview
Text
2828-4151_2_1_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (2MB) | Preview

Abstract

Kopi Es Tak Kie merupakan sebuah brand toko kopi bersejarah yang menjadi pelopor kopi susu di Jakarta dan telah beroperasi sejak tahun 1927. Mengikuti kemajuan zaman, Kopi Es Tak Kie tengah membuka cabang-cabang baru di berbagai lokasi sekitar Jakarta. Akan tetapi, identitas visual Kopi Es Tak Kie kurang kuat dan representatif akan brand mereka, sehingga menjadi hambatan bagi masyarakat generasi baru untuk mengenal Kopi Es Tak Kie. Terdapat perbedaan penerapan desain pada berbagai implementasi identitas visual seperti typeface, konsep, serta layout, sehingga memicu kebingungan akan entitasnya. Untuk itu, perancangan ini bertujuan untuk mendesain ulang identitas visual serta media promosi dari Kopi Es Tak Kie agar lebih representative akan karakter serta sejarah mereka. Penerapan yang konsisten akan dilakukan untuk mempermudah akses informasi dan menghindari kebingungan masyarakat akan identias Kopi Es Tak Kie. Untuk penelitian ini, penulis akan menggunakan metodologi desain milik Robin Landa, yaitu Five Phases of the Design Process yang mencakup Orientation, Analysis, Conceptual Design, Design Development, serta Implementation. Data konkret akan dikumpulkan melalui studi pustaka, wawancara langsung, serta survey tempat asal didirikannya Kopi Es Tak Kie pertama kali, Glodok. Kemudian penulis akan menganalisa data dan memulai tahapan desain menggunakan Morphological Matrix, hingga desain dapat dikembangkan dengan matang dan dapat diimplementasikan ke dalam mockup.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Brand, Identitas visual, Media promosi, Metodologi desain, Implementasi, Conceptual design, Layout design, Visual arts, Promotions
Subjects: Communication > Graphics
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 27 Feb 2024 05:24
Last Modified: 27 Feb 2024 05:24
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/33013

Actions (login required)

View Item
View Item