Yolanda, Felia and Frindhinia, Medyasepti (2022) Perancangan rebranding Taman Bacaan Pelangi. Imatype: Journal of Graphic Design Studies, 1 (2): 3. pp. 71-85. ISSN 2828-4151
2828-4151_1_2_2022-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (1MB) | Preview
Abstract
Taman Bacaan Pelangi adalah sebuah organisasi nonprofit yang dibangun oleh Nila Tanzil sejak tahun 2009. Taman Bacaan Pelangi fokus pada pembangunan perpustakaan di wilayah Indonesia Timur dengan tujuan meningkatkan minat baca dan tingginya angka buta huruf karena akses buku dan fasilitas membaca yang kurang. Setelah 10 tahun berdiri, Taman Bacaan Pelangi tidak hanya fokus pada buku, tetapi mulai memasuki dunia pendidikan dengan mengusulkan program beasiswa dan memasukkan literasi ke dalam kurikulum sekolah dimana terdapat Taman Bacaan Pelangi. Visi dan misi Taman Bacaan Pelangi yang mulai berubah karena perkembangan waktu dan zaman membuat identitas visual Taman Bacaan Pelangi menjadi tidak relevan dengan tujuan baru yang sudah masuk ke dalam dunia pendidikan, ditambah dengan berbagai program pelatihan terhadap guru dan masyarakat setempat. Maka itu, dibutuhkan rebranding Taman Bacaan Pelangi yang sesuai dengan nilai serta visi dan misi agar dapat secara tepat dikomunikasikan kepada masyarakat di kota besar dan mengundang banyak kontribusi untuk meningkatkan minat baca dan kualitas pendidikan di Indonesia Timur dan wilayah pelosok Indonesia lainnya.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Identitas visual, Literasi, Perancangan ulang, Rebranding, Taman Bacaan Pelangi, Literacy, Reading interests |
Subjects: | Communication > Graphics Library & Information Sciences > Library Operations & Planning Social and Political Sciences Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 08:01 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 08:01 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33004 |