Brian, Alvin Hananto (2022) Studi dampak pandemi Covid-19 terhadap perusahaan jasa desain grafis. Imatype: Journal of Graphic Design Studies, 1 (1): 5. pp. 44-57. ISSN 2828-4151
2828-4151_1_1_2022-5.pdf - Published Version
Download (1MB) | Preview
Abstract
Pandemi Covid-19 memiliki dampak pada perekonomian dan industri di Indonesia, tidak terkecuali kepada perusahaan jasa desain grafis. Guna mendapat gambaran lebih jelas terkait sejauh apa dampak pandemi Covid-19 pada perusahaan desain grafis di Indonesia, penulis melakukan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengumpulan data cross sectional pada empat belas responden. Keempat belas responden diberikan tiga pertanyaan yang menanyakan terkait bagaimana dampak pandemi Covid-19 pada perusahaan mereka; bagaimana pandangan mereka terhadap dampak pandemi Covid-19 terhadap industri desain; dan apa yang perlu dipersiapkan oleh desainer untuk menghadapi kondisi New Normal. Berdasarkan pengumpulan data yang dilakukan, respon dari para responden memberikan gambaran bahwa pandemi COVID-19 menyebabkan adanya penurunan pemasukan, perubahan cara kerja, perubahan proyek, dan juga perubahan pasar, sedangkan persiapan yang dilakukan berkisar persiapan mentalitas, adaptabilitas, menjaga kesehatan, cara kerja daring, kemampuan-kemampuan baru, dan juga menjaga produktivitas. Penulis berharap penelitian ini dapat menjadi referensi dari studi dampak pandemi Covid-19 pada industri desain grafis dan juga landasan untuk dilakukan penelitian lebih lanjut terkait hal ini.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Desain grafis, Pandemi, Perusahaan, Graphic arts, Pandemics, Company, Covid-19, Corporate profits |
Subjects: | Communication > Graphics Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | Djaenudin djae Mohamad |
Date Deposited: | 26 Feb 2024 07:56 |
Last Modified: | 26 Feb 2024 07:56 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/33000 |