Prinsip konsumsi Islam dan religiusitas pada perilaku konsumsi masyarakat muslim

Putriana, Putriana (2023) Prinsip konsumsi Islam dan religiusitas pada perilaku konsumsi masyarakat muslim. Iqtishaduna: Jurnal Ilmiah Ekonomi Kita, 12 (1): 8. pp. 113-127. ISSN 2303-3568

[thumbnail of 2303-3568_12_1_2023-8.pdf]
Preview
Text
2303-3568_12_1_2023-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (657kB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumsi Islam harus mencerminkan kedekatan diri seorang muslim kepada Allah SWT, diperoleh dengan jalan yang benar, baik, transparan, tidak boros, tidak mubazir, tidak berlebihan dan adanya batasan dalam konsumsi. Untuk itu, umat muslim dalam berkonsumsi harus sesuai dengan aturan yang sesuai dengan ajaran Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menunjukkan pengaruh prinsip konsumsi Islam dan religiusitas terhadap perilaku konsumsi
masyarakat Muslim. Metodologi yang digunakan adalah kuantitatif dengan alat analisis SEMSmartPLS. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh masyarakat muslim produktif kota Pekanbaru yang tidak diketahui secara pasti jumlahnya. Teknik sampel penelitian ini dilakukan menggunakan random sampling terhadap 107 masyarakat muslim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa prinsip konsumsi Islam tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumsi masyarakat Islam.
Religiusitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumsi masyarakat Islam. Prinsip konsumsi Islam dan religiusitas secara simultan dapat menjelaskan perilaku konsumsi masyarakat muslim sebesar 56.7% dan memiliki hubungan yang kuat. Penelitian ini secara teoritis dapat menjadikan religiusitas sebagai dasar teori dan ukuran dalam perilaku konsumsi masyarakat muslim. Sedangkan secara praktis dapat menjadi referensi dalam memprioritaskan keyakinan atau keimanan, praktek agama, pengetahuan agama, pengalaman dan konsekuensi pada perilaku konsumsi masyakat Muslim.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Prinsip konsumsi Islam, Religiusitas, Perilaku konsumsi Islam, Religiosity, Consumption, Muslims
Subjects: Social and Political Sciences
Social and Political Sciences > Social Concerns
Economics and Business > Consumer Affairs
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 26 Feb 2024 04:27
Last Modified: 26 Feb 2024 04:27
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32994

Actions (login required)

View Item
View Item