Upaya mencegah perilaku bullying dan meningkatkan self esteem siswa SMP YP PGRI Disamakan Makassar

Dewi, Angreini and Andi, Tajuddin and Joko, Purwanto and Munaing, Munaing and Aswar, Aswar (2023) Upaya mencegah perilaku bullying dan meningkatkan self esteem siswa SMP YP PGRI Disamakan Makassar. Intisari: Jurnal Inovasi Pengabdian Masyarakat, 1 (1): 4. pp. 23-32. ISSN 2987-5692

[thumbnail of 2987-5692_1_1_2023-4.pdf]
Preview
Text
2987-5692_1_1_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (645kB) | Preview

Abstract

Tujuan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) yaitu 1) untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku bullying oleh siswa, 2). Untuk meningkatkan upaya pencegahan bullying pada lingkungan sekolah dan lingkungan teman sebaya, serta 3). mewujudkan sekolah yang sehat dan bebas bullying. Kegiatan PKM ini dibuat dalam bentuk Sosialisasi dan Workshop yang berlangsung pada tanggal 7-8 Februari 2023 bertempat di Aula Sekolah SMP YP PGRI Disamakan Makassar. Yang melibatkan peserta sebanyak 30 orang siswa. Metode kegiatan PKM terdiri dari kegiatan observasi, wawancara dan metode ceramah serta diskusi yang diawali dengan pre-test dan post-tes, yang terbagi dalam empat tahapan yaitu Persiapan, Perencanaan, Pelaksanaan dan Evaluasi. Hasil dari kegiatan sosialisasi siswa SMP YP PGRI Disamakan Makassar telah mampu memhami dan menjelaskan pengertian dan jenis-jenis, dampak perilaku bullying serta dapat mencegah dan menekan perilaku bullying melalui peningkatan self esteem siswa dengan nilai kasar sebesar 53.3 %. Serta telah terbentuk kelompok siswa yang menjadi pelopor untuk mewujudkan sekolah bebas bullying.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Siswa, Bullying, Self esteem, Secondary education, Community services
Subjects: Medicine & Biology > Psychiatry
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 22 Feb 2024 07:20
Last Modified: 22 Feb 2024 07:20
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32952

Actions (login required)

View Item
View Item