Penilaian siswa terhadap pembelajaran mengevaluasi karya seni rupa menggunakan teknik scaffolding melalui media LKPD

Wahyu, Hidayat (2023) Penilaian siswa terhadap pembelajaran mengevaluasi karya seni rupa menggunakan teknik scaffolding melalui media LKPD. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, 1 (2): 4. pp. 119-130. ISSN 2985-945X

[thumbnail of 2985-945X_1_2_2023-4.pdf]
Preview
Text
2985-945X_1_2_2023-4.pdf - Published Version

Download (626kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan: 1) penilaian siswa terhadap pembelajaran mengevaluasi karya seni rupa dua dimensi menggunakan teknik scaffolding melalui media LKPD; 2) sama-tidaknya penilaian siswa terhadap pembelajaran mengevaluasi karya seni rupa dua dimensi menggunakan teknik scaffolding melalui media LKPD per kelompok sampel. Penelitian ini berlangsung di semester genap tahun pelajaran 2022/2023. Populasi penelitian adalah 170 siswa kelas XII SMA Negeri 15 Kota Jambi; terbagi dari siswa kelas XIIIPS.1, siswa kelas XII-IPS.2, siswa kelas XII-IPS.3, siswa kelas XII-IPS.4, dan siswa kelasXII-IPS.5. Sampel penelitian adalah 120 siswa kelas XII SMA Negeri 15 Kota Jambi; terbagi dari siswa kelas XII-IPS.1, siswa kelas XII-IPS.2, siswa kelas XII-IPS.3, siswa kelas XIIIPS.4, dan siswa kelas XII-IPS.5. Jumlah ini ditetapkan berdasarkan formula yang dikembangkan Slavin. Untuk mengumpulkan data penilaian siswa terhadap pembelajaran mengevaluasi karya seni rupa dua dimensi menggunakan teknik scaffolding melalui media LKPD digunakan teknik kuesioner yang disusun secara objektif dan sistematis. Data penilaian siswa terhadap pembelajaran mengevaluasi karya seni rupa dua dimensi menggunakan teknik scaffolding melalui media LKPD dianalisis menggunakan prosedur statistik deskriptif melalui prinsip distribusi frekuensi dan persen terhadap skala nilai 1 sampai dengan 4. Penilaian siswa terhadap pembelajaran mengevaluasi karya seni rupa dua dimensi menggunakan teknik scaffolding melalui media LKPD berkategori jawaban sangat suka. Tidak terdapat perbedaan penilaian siswa terhadap pembelajaran mengevaluasi karya seni rupa dua dimensi menggunakan teknik scaffolding melalui media LKPD per kelompok sampel.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Penilaian siswa, Mengevaluasi karya seni rupa, Dua dimensi, Teknik scaffolding, Media LKPD, Educational evaluation, Learning methods, Teaching methods, Teaching materials, Upper secondary education, Art education
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 22 Feb 2024 06:35
Last Modified: 22 Feb 2024 06:35
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32941

Actions (login required)

View Item
View Item