Hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar seni tari aspek pengetahuan dan aspek keterampilan

Devy, Tri Mandasari and Salmawati, Salmawati (2023) Hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar seni tari aspek pengetahuan dan aspek keterampilan. Gaung: Jurnal Ragam Budaya Gemilang, 1 (2): 3. pp. 107-118. ISSN 2985-945X

[thumbnail of 2985-945X_1_2_2023-3.pdf]
Preview
Text
2985-945X_1_2_2023-3.pdf - Published Version

Download (722kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) motivasi belajar seni tari; 2) hasil belajar aspek pengetahuan seni tari; 3) hasil belajar aspek keterampilan seni tari; 4) hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar aspek pengetahuan seni tari; 5) hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar aspek keterampilan seni tari; 6) hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar aspek pengetahuan seni tari dengan hasil belajar aspek keterampilan seni tari. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 21 Satap Teluk Bintan yang berlangsung di awal semester genap 2022/2023. Populasi penelitian ini adalah para siswa kelas 7 SMP Negeri 21 Satap Teluk Bintan berjumlah 32 dari 40 siswa yang terbagi dari 2 kelas paralel yang berjumlah sama banyak. Sampel berjumlah 30 siswa yang ditarik secara random dari kelompok populasi. Populasi merupakan para siswa yang menyerahkan kuesioner dan mengikuti tes seni tari. Untuk mengumpulkan data motivasi belajar digunakan instrumen non tes yakni kuesioner dan untuk data hasil belajar digunakan teknik tes yakni tes pilihan ganda tentang pengetahuan seni tari dan tes unjuk kerja keterampilan seni tari. Data penelitian dianalisis menggunakan prosedur statistik yaknik mean dan persen serta uji r korelasi sederhana dan korelasi ganda. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa:1) motivasi belajar seni tari berkategori sedang; 2) mean hasil belajar aspek pengetahuan seni tari mencapai KKM 65,00; 3) mean hasil belajar aspek keterampilan seni tari mencapai KKM 65,00; 4) hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar aspek pengetahuan seni tari seebsar 0,63; 5) hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar aspek keterampilan seni tari sebesar 0,54; 6) hubungan antara motivasi belajar dan hasil belajar aspek pengetahuan seni tari dengan hasil belajar aspek keterampilan seni tari sebesar 0,57.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Motivasi belajar, Hasil belajar seni tari, Aspek pengetahuan, Aspek keterampilan, Learning motivation, Dance, Academic achievement, Work of art, Skills
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 22 Feb 2024 06:58
Last Modified: 22 Feb 2024 06:58
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32940

Actions (login required)

View Item
View Item