Yerika, Ayu Salindri and Agung, Sulistyo and Rosalina, Nur Annisa and Fakhrul, Hadianto and Muhammad, Bangga Arifkusuma (2022) Pemberdayaan UKM YAD Blangkon Yogyakarta melalui pemasaran berbasis digital sebagai upaya menembus pasar global. Jurnal Inovasi dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1 (4): 10. pp. 41-46. ISSN 2829-5617
2829-5617_1_3_2022-10.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.
Download (951kB) | Preview
Abstract
Latar Belakang: Pariwisata memegang peranan penting dalam pengembangan perekonomian wilayah. Beberapa dampak positif perkembangan pariwisata diantaranya: penerimaan pendapatan, peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta munculnya industri pendukung pariwisata. YAD Blangkon merupakan salah satu industri kerajinan yang masih eksis di Daerah Istimewa Yogyakarta. Produk utama usaha ini adalah blangkon, baju surjan, serta beberapa produk lainnya. Munculnya pandemi Covid-19 membuat usaha ini mengalami penurunan penjualan. Perkembangan teknologi ternyata belum mampu memberikan hasil yang diharapkan. Beberapa permasalah lain yang muncul diantaranya: 1) pemasaran digital yang belum maksimal, 2) perangkat digital yang belum memadai, 3) kurangnya keterampilan SDM dalam pembuatan konten, serta 4) strategi branding produk yang belum menarik. Tujuan: Program ini diharapkan meningkatkan kualitas usaha dan mampu menyelesaikan permasalahan usaha seperti: pemasaran berbasis digital yang belum maksimal, perangkat digital yang belum memadai serta minimnya kreativitas dalam membuat konten publikasi. Metode: Salah satu modal utama kegiatan usaha adalah penerapan manajemen pemasaran yang baik. Program pengabdian masyarakat ini disusun secara komprehensif dengan melakukan beberapa kegiatan seperti: 1) pendampingan usaha; 2) pengadaan perangkat digital; 3) pelatihan pembuatan konten publikasi; serta 4) merancang strategi branding menarik. Hasil: Melalui pendampingan yang dilakukan, program Pengabdian kepada masyarakat ini mampu meningkatkan kualitas usaha YAD Blangkon. Strategi pemasaran digital yang dilakukan berhasil menaikan volume penjualan hingga 25% dibandingkan periode sebelumnya. Kesimpulan: Penerapan strategi pemasaran yang tepat akan memberikan dampak bagi perkembangan usaha. Proses adaptasi teknologi dalam kegiatan pemasaran, akan memberikan nilai positif dalam peningkatan kualitas serta pengembangan usaha.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bisnis berkelanjutan, Kerajinan blangkon, Pemasaran digital, Marketing digital, Marketing techniques, Tourist industry, Blangkon |
Subjects: | Economics and Business > Domestic Commerce, Marketing, & Economics |
Depositing User: | Den Rizzal Rosiyan |
Date Deposited: | 22 Feb 2024 08:14 |
Last Modified: | 22 Feb 2024 08:14 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/32928 |