Hubungan antara beban kerja terhadap tingkat stres perawat di ruang rawat inap RSUD Jampangkulon

Dasep, Sulung Setiadi Asep Saefullah and Burhanuddin, Basri and Kartika, Tarwati (2023) Hubungan antara beban kerja terhadap tingkat stres perawat di ruang rawat inap RSUD Jampangkulon. Journal of Public Health Innovation (JPHI), 3 (2): 12. pp. 189-197. ISSN 2775-1155

[thumbnail of 2775-1155_3_2_2023-12.pdf]
Preview
Text
2775-1155_3_2_2023-12.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial Share Alike.

Download (354kB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Stres kerja merupakan masalah global yang mempengaruhi semua profesi baik di negara maju maupun berkembang. Stres kerja yang tinggi dapat menyebabkan masalah kesehatan, termasuk gangguan mental dan perilaku seperti kelelahan, kecemasan, dan depresi, serta gangguan fisik lainnya seperti gangguan kardiovaskular dan musculoskeleta. Tujuan penelitian ini adalah diketahui hubungan antara beban kerja terhadap tingkat stres perawat di ruang rawat inap RSUD Jampangkulon. Metode: Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif analitik dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian dipilih dengan quota sampling dengan besar sampel yaitu 54 responden. Instrumen dalam penelitian adalah kuesioner. Hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus Chi square.
Hasil: Dari hasil uji chi-square didapatkan P value : 0,000 < 0,05, di mana dapat disimpulkan ada hubungan antara beban kerja terhadap tingkat stres perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Jampangkulon. Kesimpulan: Dapat dikesimpulkan bahwa ada hubungan antara beban kerja terhadap tingkat stres perawat di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Daerah Jampangkulon. Saran: Diharapkan bagi peneliti berikutnya untuk melanjutkan penelitian ini dengan metode dan variabel yang berbeda sehingga lebih diketahui faktor-faktor lain yang berhubungan beban kerja terhadap tingkat stres perawat.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Beban Kerja, Kinerja tenaga kesehatan, Performance appraisal, Health workers, Workload
Subjects: Health Resources > Health Services
Medicine & Biology > Stress Physiology
Depositing User: Djaenudin djae Mohamad
Date Deposited: 22 Feb 2024 04:59
Last Modified: 22 Feb 2024 04:59
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32913

Actions (login required)

View Item
View Item