Professional learning community di sekolah berasrama: sebuah naratif otobiografi

Hardo, Sujatmiko (2023) Professional learning community di sekolah berasrama: sebuah naratif otobiografi. Jurnal Education Transformation, 1 (1): 8. ISSN 2986-8890

[thumbnail of 2986-8890_1_1_2023-8.pdf]
Preview
Text
2986-8890_1_1_2023-8.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (197kB) | Preview

Abstract

Makalah ini bertujuan mengeksplorasi pengalaman penulis sebagai kepala sekolah dalam membangun komunitas belajar di sekolah kejuruan berasrama selama 3 tahun. Pendekatan fenomenologis skala kecil digunakan dalam menggali pengalaman dengan naratif otobiografi. Meskipun sudah banyak ragam kajian tentang komunitas memberi dampak terhadap peningkatan mutu sekolah, namun masih sedikit kajian tentang pengembangan komunitas belajar di sekolah berasrama secara kolektif dan kolaboratif. Profesional Learning Community dibangun dalam bentuk komunitas belajar dengan kerangka siklus berkelanjutan dari Richard dan Rebecca DoFour. Hasil kajian ini adalah 5 tahap siklus komunitas belajar yang dituangkan kedalam sebuah cerita pengalaman kepala sekolah terdiri dari; 1)pengumpulan bukti, 2)pengembangan ide, 3)implementasi, 4)refleksi dan 5)strategi baru. Kontribusi makalah ini bisa menjadi bukti empiris dalam membangun gerakan sekolah yang berfokus kepada kebutuhan murid.Penelitian ke depan bisa dikembangkan baik dari cara pendekatan, analisis maupun desain komunitas pembelajaran yang berbeda.

Item Type: Article
Additional Information: Validated by Sri Wulan
Uncontrolled Keywords: Professional learning community, Sekolah berasrama, Naratif otobiografi, Boarding schools, Autobiography, Professional learning communities
Subjects: Administration & Management > Management Practice
Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 21 Feb 2024 02:03
Last Modified: 21 Feb 2024 02:03
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32881

Actions (login required)

View Item
View Item