Ety, Syarifah (2023) Progresivisme implementasi kurikulum merdeka; sebuah kajian futuristik. Jurnal Education Transformation, 1 (1): 6. ISSN 2986-8890
2986-8890_1_1_2023-6.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (137kB) | Preview
Abstract
Artikel ini bertujuan membahas bagaimana pelaksanaan Kurikulum Merdeka menurut aliran progresivisme dan Futuralisme. Progresivisme adalah aliran yang menekankan pada peningkatan kemampuan peserta didik melalui pengalamannya sendiri atau kemandiriannya. Futurisme adalah sebuah aliran seni yang berusaha melupakan masa lalu dan menyongsong masa depan. Konsep kurikulum merdeka adalah mewujudkan peserta didik yang kritis, kreatif, kolaboratif, inovatif, dan partisipasif. Oleh karena itu dapat dinyatakan bahwa beduanya (progresivisme dan kurikulum merdeka) sama-sama menegosiasikan kemerdekaan dan keleluasaan peserta didik menggali ilmu pengetahuan dan memilih pendidikan yang sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki menuju masa depan Indonesia. Menunjang Implementasi Kurikulum Merdeka agar guru mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman terkait Kurikulum merdeka maka disediakan platform. Kehadiran Platform ini sebagai bentuk konkrit perkembangan teknologi dan insformasi. Secara futuristik, guru bertugas melatih keterampilan hidup dalam kecakapannya peserta didik menuju generasi emas di tahun 2045 dengan berbekal kemampuan digital.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Validated by Sri Wulan |
Uncontrolled Keywords: | Progresivisme, Implementasi kurikulum merdeka, Kajian futuristik, Progressive education, Curriculum planning |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rahmahwati - |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 02:48 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 02:48 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/32872 |