Penggunaan media padlet berbasis gamifikasi pada pembelajaran IPA kelas V SD

Anik, Twiningsih (2023) Penggunaan media padlet berbasis gamifikasi pada pembelajaran IPA kelas V SD. Jurnal Education Transformation, 1 (1): 5. ISSN 2986-8890

[thumbnail of 2986-8890_1_1_2023-5.pdf]
Preview
Text
2986-8890_1_1_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.

Download (383kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari kegiatan penelitian ini antara lain memberikan deskripsi hasil pemberdayaan media padlet berbasis gamifikasi pada pembelajaran IPA kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui hasil survei, observasi dan wawancara saat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media padlet berbasis gamifikasi dalam pembelajaran IPA SD memberikan dampak positif dalam pembelajaran IPA SD kelas V khususnya pada materi suhu dan kalor. Hal ini ditunjukkan dengan hasil rata – rata aktivitas siswa sebelum dan sesudah menggunakan media padlet dalam pembelajaran. Dari data yang diperoleh rata – rata aktivitas siswa meningkat dari sebelum menggunakan media padlet sebesar 78% dan mengalami kenaikan persentase menjadi 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media padlet berbasis gamifikasi pada pembelajaran IPA kelas V memberikan pengaruh positif terhadap aktivitas pembelajaran.

Item Type: Article
Additional Information: Validated by Sri Wulan
Uncontrolled Keywords: Media padlet, Gamifikasi, Pembelajaran IPA, Learning methods, Simulation games, Life sciences
Subjects: Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities
Depositing User: - Rahmahwati -
Date Deposited: 21 Feb 2024 03:04
Last Modified: 21 Feb 2024 03:04
URI: https://karya.brin.go.id/id/eprint/32869

Actions (login required)

View Item
View Item