Anik, Twiningsih (2023) Penggunaan media padlet berbasis gamifikasi pada pembelajaran IPA kelas V SD. Jurnal Education Transformation, 1 (1): 5. ISSN 2986-8890
2986-8890_1_1_2023-5.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (383kB) | Preview
Abstract
Tujuan dari kegiatan penelitian ini antara lain memberikan deskripsi hasil pemberdayaan media padlet berbasis gamifikasi pada pembelajaran IPA kelas V SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui hasil survei, observasi dan wawancara saat pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media padlet berbasis gamifikasi dalam pembelajaran IPA SD memberikan dampak positif dalam pembelajaran IPA SD kelas V khususnya pada materi suhu dan kalor. Hal ini ditunjukkan dengan hasil rata – rata aktivitas siswa sebelum dan sesudah menggunakan media padlet dalam pembelajaran. Dari data yang diperoleh rata – rata aktivitas siswa meningkat dari sebelum menggunakan media padlet sebesar 78% dan mengalami kenaikan persentase menjadi 95%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media padlet berbasis gamifikasi pada pembelajaran IPA kelas V memberikan pengaruh positif terhadap aktivitas pembelajaran.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Validated by Sri Wulan |
Uncontrolled Keywords: | Media padlet, Gamifikasi, Pembelajaran IPA, Learning methods, Simulation games, Life sciences |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rahmahwati - |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 03:04 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 03:04 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/32869 |