Wahyu, Ratnawati (2023) Implementasi profil pelajar Pancasila melalui salam pagi tiga bahasa. Jurnal Education Transformation, 1 (1): 4. ISSN 2986-8890
2986-8890_1_1_2023-4.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (499kB) | Preview
Abstract
Implementasi Profil Pelajar Pancasila (PPP) perlu dioptimalkan di sekolah. Rendahnya tingkat kedisiplinan, sopan santun dan berbahasa siswa berdampak pada ekosistem sekolah dan proses pembelajaran. Pentingnya peran sekolah untuk membuat program yang tepat. Penelitian ini ditulis dengan tujuan mendeskripsikan bagaimana implementasi PPP melalui Program budaya sekolah Salam Pagi Tiga Bahasa (Sapa Tiba) dan dampaknya bagi SD Negeri Nayu Barat II Surakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Fokus dimensi PPP dengan yaitu 1)beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia, 2) mandiri 3)bergotong-royong,dan 4)berkebinekaan global. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Sapa Tiba sangat efektif dan optimal karena setiap dimensi terdapat peningkatan yang signifikan dari mulai berkembang, sudah berkembang, mahir dan sangat mahir. Dampak nyata bagi adanya Program Sapa Tiba antara lain siswa lebih disiplin masuk sekolah, pembelajaran di kelas lebih berkualitas, menambah kosa kata siswa dalam bahasa Indonesia, bahasa Jawa dan bahasa Inggris dan siswa memiliki buku kamus tiga bahasa dengan desain sesuai dengan keinginan sendiri, kepercayaan orang tua terhadap sekolah semakin meningkat.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Validated by Sri Wulan |
Uncontrolled Keywords: | Program sekolah, Student wellbeing, Karakter, Well-being, Personality, Educational management |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rahmahwati - |
Date Deposited: | 21 Feb 2024 03:34 |
Last Modified: | 21 Feb 2024 03:34 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/32865 |