Siti, Nuryati (2023) “Superladaku” strategi meningkatkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi di SDIT Assalamah. Jurnal Education Transformation, 1 (1): 3. ISSN 2986-8890
2986-8890_1_1_2023-3.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution Share Alike.
Download (554kB) | Preview
Abstract
Pembelajaran berdiferensiasi masih dianggap hal baru bagi sebagian besar guru.Berdasarkan hasil supervisi di awal tahun ajaran 2021, masih banyak guru yang belum memahami konsep dan prinsip pembelajaran, serta bagaimana merancang pembelajaran berdiferensiasi. Guru masih kesulitan menentukan tujuan pembelajaran, menyusun modul ajar, dan mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi yang sesuai dengan keunikan, kebutuhan, serta karakteristik peserta didik. Superladaku akronim dari supervisi, pelatihan, pendampingan dan kunjungan kelas, merupakan serangkaian kegiatan yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam rangka memberikan bimbingan,pendampingan, pemantauan, refleksi dan tindak lanjut kepada guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran dan asesmen. Melalui pelaksanaan strategi superladaku pembelajaran berdiferensiasi di SDIT Assalamah, mampu meningkatkan kompetensi guru.Tujuan penulisan jurnal ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan strategi superladaku, dalam meningkatkan kompetensi guru mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi di SDIT Assalamah, serta mengetahui hasil dan dampaknya.Hasil implementasi strategi superladaku menunjukkan bahwa: 1) guru mampu menjabarkan capaian pembelajaran menjadi tujuan pembelajaran dan menyusunnya menjadi alur tujuan pembelajaran secara mandiri; 2) guru mampu menyusun modul ajar secara mandiri; 3) guru terbiasa menerapkan model-model pembelajaran sebagai implementasi dari pembelajaran berdiferensiasi Kesimpulannya, implementasi strategi superladaku berdampak positif bagi sekolah, guru, dan peserta didik di SDIT Assalamah. Budaya kolaborasi antar guru yang tergabung dalam kelompok kerja guru mulai terbangun, mulai terbangun pula budaya refleksi dan berbagi praktik baik antar guru, peserta didik terlihat enjoy dan ceria mengikuti pembelajaran, serta mendapat kunjungan dari sekolah lain.
Item Type: | Article |
---|---|
Additional Information: | Validated by Sri Wulan |
Uncontrolled Keywords: | Superladaku, Kompetensi guru, Pembelajaran berdiferensiasi, Competency based teaching, Teaching methods |
Subjects: | Social and Political Sciences > Education, Law, & Humanities |
Depositing User: | - Rahmahwati - |
Date Deposited: | 16 Feb 2024 03:47 |
Last Modified: | 16 Feb 2024 03:47 |
URI: | https://karya.brin.go.id/id/eprint/32862 |